get app
inews
Aa Read Next : Sebut Penjilat, Inilah Detik-detik Rocky Gerung Diajak Ribut Relawan Jokowi

Intrik Politik dan Gaya Hidup Mewah Keluarga Jokowi jadi Sorotan Media Asing

Kamis, 29 Agustus 2024 | 11:27 WIB
header img
Media Australia, abc.net.au, menyoroti intrik politik yang berkembang menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Media Australia, abc.net.au, menyoroti intrik politik yang berkembang menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ulasan tersebut juga mencakup pameran gaya hidup mewah oleh putra Jokowi, Kaesang Pangarep, dan istrinya, Erina Gudono. Judul berita tersebut berbunyi, "How a complex constitutional crisis unleashed public rage at Indonesia's ruling class" (Bagaimana krisis konstitusi yang rumit memicu kemarahan publik terhadap kelas penguasa Indonesia), yang muncul pada Rabu (28/8/2024).

Kalimat pembuka dalam ulasan media Australia tersebut menggambarkan tajamnya intrik politik di Indonesia. "Ini adalah pemandangan yang akan membuat politisi di negara mana pun ketakutan," tulis media tersebut.

Minggu lalu, para demonstran di Indonesia membawa guillotine palsu dengan patung Presiden Jokowi dan merobohkan pagar gedung DPR di Jakarta.

Mereka menuntut agar upaya revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) dihentikan. Revisi ini akan memungkinkan putra Jokowi yang berusia 29 tahun, Kaesang Pangarep, untuk mencalonkan diri sebagai gubernur provinsi, yang akan semakin memperkuat dinasti politik keluarga tersebut.

Putra Jokowi lainnya, Gibran Rakabuming Raka, yang berusia 36 tahun, terpilih sebagai wakil presiden bulan Februari setelah perubahan aturan yang kontroversial. Meskipun situasi hukum ini rumit, menurut media Australia, banyak orang Indonesia melihatnya dengan cara yang lebih sederhana.

"Ini tentang Indonesia yang hancur lagi karena nepotisme," kata seorang wanita yang ikut serta dalam protes minggu lalu kepada abc.net.au. "Aturan baru ini mengarah pada nepotisme," tambahnya.

Nama Jokowi, Mulyono, Kembali Jadi Sorotan Kemarahan terhadap Jokowi dan anggapan bahwa keluarganya telah bertindak berlebihan kini menyebar di dunia maya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut