get app
inews
Aa Read Next : PLN Indonesia Power UBP Mrica Wakili Indonesia di Seminar Energi Terbarukan ASEAN

Mantap! Akhirnya Geopark Kebumen Resmi Masuk UNESCO Global Geopark

Senin, 09 September 2024 | 07:44 WIB
header img
Setelah melalui perjuangan panjang, Geopark Kebumen akhirnya berhasil lolos dan diakui sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGGp). (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Setelah melalui perjuangan panjang, Geopark Kebumen akhirnya berhasil lolos dan diakui sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGGp). 

Ini merupakan prestasi luar biasa bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, karena berhasil membawa nama Kebumen ke kancah internasional melalui keunggulan geopark-nya.

General Manager Badan Pengelola Geopark Kebumen, Sigit Tri Prabowo, mengungkapkan bahwa keputusan masuknya Geopark Kebumen ke dalam UGGp diambil dalam Sidang Dewan UGGp yang diselenggarakan di Cao Bang, Vietnam, pada Minggu, 8 September 2024.

"Alhamdulillah, segala puji syukur kami panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Seluruh anggota Dewan UGGp dari 11 negara secara bulat telah menerima Geopark Kebumen sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark," kata Sigit.

Sigit juga menyampaikan rasa terima kasihnya terutama kepada Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, yang memiliki komitmen tinggi dalam memperjuangkan Geopark Kebumen agar diakui di UGGp. Komitmen ini didukung penuh oleh seluruh masyarakat Kebumen.

"Tanpa komitmen yang kuat dari Kepala Daerah, rasanya sulit untuk mencapai ini. Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerja keras masyarakat Kebumen, impian ini akhirnya tercapai," tambahnya.

Keputusan ini, lanjut Sigit, akan segera disampaikan secara resmi kepada UNESCO untuk ditindaklanjuti dengan penetapan dan penyerahan Piagam UGGp. "Saya kira ini adalah hadiah terindah untuk seluruh masyarakat Kebumen," ujarnya.

Sigit menjelaskan bahwa belum lama ini, pihaknya mengajukan Geopark Kebumen untuk masuk dalam UGGp. Proses ini ditandai dengan kunjungan Tim Asesor UGGp, yaitu Mr. Andreas J. Schuller dari Jerman dan Ms. Sarina dari China, yang datang langsung ke Geopark Kebumen untuk melakukan penilaian di lapangan.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut