get app
inews
Aa Read Next : ULT Kemendikbudristek Raih Penghargaan Ajang The Best Contact Center Indonesia 2024

PAUD di Kaltim dapat Bantuan Pojok Baca dan Paket Buku dari Kemendikbudristek

Jum'at, 13 September 2024 | 15:30 WIB
header img
Sekolah PAUD di Kaltim dapat Bantuan Pojok Baca dan Paket Buku dari Kemendikbudristek. Foto: Dok Kemendikbudristek

BALIKPAPAN, iNewsPurwokerto.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) memberikan donasi berupa Pojok Baca dan paket buku kepada 20 sekolah PAUD di Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (12/9) kemarin. Inisiatif ini merupakan bagian dari kunjungan Ibu Negara dan OASE KIM ke wilayah tersebut.

Franka Makarim, Ketua Bidang 1 OASE KIM sekaligus Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP), menekankan pentingnya menumbuhkan minat baca sejak dini. 

“Minat baca anak-anak perlu ditumbuhkan melalui pembiasaan sedari dini. Anak-anak Indonesia perlu dididik dengan karakter yang baik sesuai Profil Pelajar Pancasila melalui buku bacaan yang menyenangkan,” kata Franka dalam keterangannya Jumat (13/9/2024).

Sementara itu, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbudristek, Komalasari, menjelaskan bahwa program ini bertujuan menguatkan literasi anak usia dini melalui kegiatan bermain dan belajar berbasis buku bacaan anak.

"Satuan PAUD diharapkan menjadi pusat pengembangan literasi yang dapat diakses oleh orang tua, untuk melawan dampak hilangnya kesempatan belajar selama pandemi," katanya.

Komalasari menambahkan, bantuan Pojok Baca dan literasi dasar ini diberikan untuk mendorong satuan PAUD memiliki layanan Pojok Baca. Selain itu, Pojok Baca juga bisa memperkuat ketrampilan orang tua dan guru untuk meningkatkan literasi anak usia dini ketika membangun kemampuan bahasa dan karakter.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Timur, Jarwoko, juga menegaskan bahwa BPMP bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkuat literasi dan numerasi di sekolah-sekolah. 

“Upaya OASE KIM selaras dengan apa yang menjadi cita cita bersama, yaitu kita ingin memperbanyak sekolah di sini memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dalam literasi dan numerasi,” ungkapnya.

Jarwoko mengatakan, selain distribusi buku yang dilakukan pada kunjungan kerja Ibu Negara dan OASE KIM kali ini, BPMP Provinsi Kalimantan Timur juga membantu mendistribusikan sejumlah buku dari Pusat Perbukuan. BPMP bahkan telah memberi pelatihan pemanfaatan buku dan melakukan pengawasan dari pemanfaatan tersebut. 

“Untuk memaksimalkan pemanfaatan buku yang telah didistribusikan, kami juga mengajak para Duta Literasi dan para mahasiswa yang menjalankan program Kampus Mengajar," ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut