get app
inews
Aa Read Next : Ibu-ibu Bernyanyi dengan Suara Kencang di Kereta Api Penumpang Lain Terganggu 

Besok Daop 5 Purwokerto Gelar Donor Darah di 2 Stasiun

Selasa, 24 September 2024 | 21:16 WIB
header img
Besok Daop 5 Purwokerto Gelar Donor Darah di 2 Stasiun. Foto: Dok Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto, melalui Unit Kesehatan, akan mengadakan kegiatan donor darah dalam rangkaian HUT ke-79 KAI, bekerja sama dengan PMI di sejumlah stasiun. Dua stasiun utama yang ditunjuk sebagai lokasi kegiatan donor darah di Daop 5 Purwokerto adalah Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kutoarjo, yang akan dilaksanakan pada Rabu, (25/9) besok.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan jika pihaknya sebelumnya telah melaksanakan kegiatan donor darah di Stasiun Kroya pada Senin, (23/9) kemarin. Dari hasil donor darah di Stasiun Kroya tersebut terkumpul sebanyak 25 kantung darah, baik dari pegawai KAI maupun penumpang Kereta Api.

“Kegiatan donor darah kolaborasi KAI dengan PMI ini kami selenggarakan dalam rangka HUT ke-79 KAI sekaligus sebagai bentuk kepedulian bagi kemanusiaan juga sebagai dukungan terhadap ketersediaan cadangan darah bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya di sekitar wilayah kerja Daop 5 Purwokerto,” kata Feni dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).

Menurut Feni, untuk kegiatan donor darah di Stasiun Purwokerto akan digelar pada Rabu (25/9) besok, mulai pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB di area Ruang Tunggu Kaca. Menurutnya, bagi penumpang Kereta Api yang akan berangkat ataupun baru turun dari Kereta Api di Stasiun Purwokerto bisa mengikuti kegiatan donor darah ini.

“Namun, kami menghimbau khusus bagi penumpang Kereta Api yang akan berangkat, tapi ingin mendonorkan darahnya, harap dapat mengatur waktu keberangkatannya, sehingga tidak terburu-buru saat akan naik Kereta Api,” ujar Feni.

Sedangkan untuk kegiatan donor darah di Stasiun Kutoarjo, lanjut Feni akan digelar pada hari yang sama yakni Rabu (25/9) besok, mulai pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB di area Hall Keberangkatan Stasiun Kutoarjo.

"Di Stasiun Kutoarjo, selain untuk pegawai KAI dan penumpang Kereta Api, kegiatan donor darah ini juga dapat diikuti para pengantar maupun masyarakat di sekitar stasiun," jelasnya.

Feni juga menghimbau untuk para calon pendonor yang akan mengikuti kegiatan donor darah agar dapat melakukan serangkaian pengecekan kesehatan dan yang bagi yang telah memenuhi syarat untuk donor darah dapat mengikuti proses pengambilan darah. 

Selain itu, bagi calon pendonor diharapkan dapat melakukan istirahat yang cukup di malam sebelum mendonorkan darahnya dan tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan. Syarat lainnya berusia 17 tahun, tidak sedang hamil, dan melakukan donor darah terakhir kali 60 hari sebelumnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa kepedulian sosial dan kemanusiaan di kalangan pegawai Daop 5 Purwokerto serta masyarakat, sebagai wujud dukungan terhadap ketersediaan cadangan darah bagi masyarakat yang memerlukan.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut