get app
inews
Aa Read Next : 700 Pemudik Asal Banyumas Raya Balik Rantau, Fasilitasi Bus Gratis dari Pemprov Jateng

BUMDes di Cilacap Bagikan Oksigen Gratis Bagi Warga

Minggu, 08 Agustus 2021 | 19:15 WIB
header img
BUMDes Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, membagikan oksigen gratis sebagai aksi kepedulian kemanusian, untuk saling membantu antarwarga. (Foto : Istimewa)

CILACAP, iNews.id - Sulitnya warga mendapatkan tabung gas oksigen dalam penanganan Covid-19 menumbuh gerakan sosial dimana-mana. Aksi kepedulian kemanusian, untuk saling membantu antarwarga, berjalan beragam khususnya selama masa PPKM, mulai dari bansos hingga pengisian oksigen gratis.

Seperti di Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, puluhan warga duduk berjarak mengantri untuk mengisi oksigen gratis. Aksi kepedulian ini diprakarsai oleh pengurus BUMDes setempat dengan menggalang kepeduliaan terhadap warga desa.

"Nyawa warga Indonesia juga ada di Desa, ketika tabung dan gas oksigen menjadi sulit didapatkan, pastinya lebih sulit lagi ketika mereka yang tinggal di desa mengakses oksigen untuk menyambung nyawa, sehingga akhirnya ada saja warga desa yang meninggal karena ketiadaan oksigen," kata Ketua BUMDes Desa Planjan, Kesugihan, Daryono kepada wartawan, Minggu (8/8/2021).

Daryono seringkali mendengar keluhan warga yang mengalami kesulitan mendapat isi ulang oksigen. Di sisi lain, lonjakan kasus Covid-19 meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa warga Desa Planjan yang terdampak Covid-19 jauh dari fasilitas kesehatan dan mengalami kesusahan mendapatkan oksigen.

"Banyak warga yang mengeluh kelangkaan oksigen di Cilacap. Warga kami sampai ada yang harus mencari ke Kabupaten Kebumen. Karena kondisi ini, empat hari lalu, beberapa donatur dari warga Desa Planjan bersama pengurus BUMdes tergerak untuk membantu warga yang kesulitan oksigen," ujarnya.

Daryono lalu berhasil mendapatkan tabung oksigen. Stok itu dibagi cuma-cuma ke warga. Bahkan BUMDes menyiapkan pembagian kepada 100 pengisian isi ulang tabung oksigen berukuran kecil kepada masyarakat umum dari mana pun yang datang, asalkan mau melaksanakan Protokol Kesehatan.

"Pengisian ulang ini tidak hanya untuk warga kami, tapi bagi siapapun yang tengah membutuhkan oksigen. Hari ini ada warga dari luar desa, bahkan juga dari luar Kabupaten Cilacap juga yang datang ke sini," ujarnya.

Sekretaris Desa Planjan, Sungatiyandito, mengatakan di Desa Planjan, warga terdampak covid sebanyak 68 orang baik isoman maupun tengah dirawat di RS. Warga yang meninggal akibat covid sebanyak 11 orang.

"Program Pengisian Oksigen Gratis ini sangat membantu bagi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri atau pun yang di RS," kata Sungatiyandito.

Sedangkan menurut Camat Kesugihan, Basuki Priyo Nugroho mengatakan jika di wilayah Kecamatan Kesugihan sendiri tercatat ada 227 kasus Covid-19 pada awal PPKM darurat. 

"Saat ini tinggal 80 kasus. Saya mengapresiasi aksi saling bantu warga dengan pembagian isi ulang oksigen gratis yang dilakukan di Desa Planjan," ucapnya.

Sementara menurut Asga Ulinuha (41), warga Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, mengaku bersyukur dengan program isi ulang oksigen yang diprakarsai oleh Pengurus BUMdes Desa Planjan. Pasalnya, selama ini dia kesulitan untuk mencari ketersediaan oksigen. 

"Paman saya isoman dan membutuhkan oksigen. Saya harus cari ke kota dan sering kesusahan dapat oksigen, apalagi hari minggu begini, tempat pengisian di sana-sana pada tutup semua," tutupnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut