get app
inews
Aa Read Next : Umat Kristiani Lingkungan PT KPI RU IV Cilacap Gelar Bakti Sosial

Cerita Sukses Desa Energi Berdikari, Pertamina RU IV Cilacap Terima Penghargaan ESDM 

Minggu, 13 Oktober 2024 | 08:31 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI 2024. 

Penghargaan ini diberikan atas kesuksesan gugus insan mutu Exterminator RU IV Cilacap dalam menjalankan program inovatif Desa Energi Berdikari Berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ESDM RI, Bahlil Lahadalia, dalam Upacara Hari Jadi ke-79 Pertambangan dan Energi yang berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (10/10/2024). Andikta DH, perwakilan dari gugus Exterminator, menerima penghargaan ini.

Gugus Exterminator RU IV berhasil meraih penghargaan Dharma Karya kategori madya, berkat kontribusi dan inovasi di sektor energi dan sumber daya mineral melalui proposal bertajuk 'Mewujudkan Sustainability Program Unggulan Desa Energi Berdikari Berbasis EBT dan Rating Environment Social and Governance (ESG) melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Terpadu di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap'.

Ketua PCP Exterminator RU IV, Aldila Maretta, menjelaskan bahwa KPI RU IV Cilacap telah memberikan solusi berkelanjutan bagi Dusun Bondan melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH), yang memadukan tenaga angin dan energi matahari. 

“Dusun ini sebelumnya tidak memiliki akses listrik, air bersih terbatas, rendahnya pemahaman pengelolaan hasil tambak, dan ancaman banjir rob musiman,” ungkapnya.

Program ini diawali pada 2018 dengan proyek percontohan Hybrid Energy One Pole (HEOP), dilanjutkan dengan PLTH E-Mas Bayu berkapasitas 12.000 wattpeak pada 2019, serta berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut