get app
inews
Aa Read Next : Keren, Atlet Pancasan Lutfi Afandi Pecahkan Rekor Nasional dan Raih Emas di Peparnas 2024

Inspiratif, Kasegeran Jadi Pelopor Kampung Bebas Asap Rokok di Banyumas

Kamis, 17 Oktober 2024 | 09:03 WIB
header img
Desa Kasegeran resmi menjadi proyek percontohan Kampung Bebas Asap Rokok (KBAR) di Kabupaten Banyumas pada tahun 2024. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Desa Kasegeran di Kecamatan Cilongok resmi menjadi proyek percontohan Kampung Bebas Asap Rokok (KBAR) di Kabupaten Banyumas pada tahun 2024. 

Melalui konsep ini, perokok disediakan tempat khusus berupa saung atau area merokok di setiap RT dan RW, sehingga mereka tetap bisa merokok tanpa mengganggu lingkungan sekitar.

Peresmian Desa Kasegeran sebagai Kampung Bebas Asap Rokok dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Iwanuddin Iskandar, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Widyana, dan Kepala Desa Kasegeran, Saefudin, pada Rabu (16/10/2024) di Pendopo Balai Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok.

Kepala Desa Kasegeran, Saefudin, menjelaskan bahwa Kampung Bebas Asap Rokok bukan bertujuan untuk melarang warga merokok, tetapi lebih kepada memberikan tempat khusus agar perokok tidak mengganggu orang lain.

"Saat ini di Desa Kasegeran sudah diterapkan di 8 RT, dan kami sudah menyediakan beberapa saung sebagai tempat merokok," jelasnya.

Dengan konsep tersebut, diharapkan dapat mengurangi jumlah perokok sekaligus meningkatkan kesehatan masyarakat. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif dari asap rokok, terutama bagi bayi, anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut