get app
inews
Aa Read Next : Ikhtiar Zaskia Sungkar-Irwansyah Jalani Proses Bayi Tabung Anak Kedua, Minum Kopi Bareng Disetop

Ini Cara Rahasia Coach Barista Membuat Kopi Rumahan Agar Nikmat

Kamis, 17 Oktober 2024 | 20:34 WIB
header img
Ini Cara Rahasia Coach Barista Membuat Kopi Rumahan Agar Nikmat. (Foto: Freepik/Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Secangkir kopi setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Oleh sebab itu, banyak individu yang memulai hari mereka dengan menikmati minum kopi di rumah sebelum menjalani aktivitas.

Tentu saja, menikmati kopi di cafe seringkali terasa lebih memuaskan dibandingkan di rumah. Ini karena barista di coffe shop memiliki keahlian yang lebih mendalam daripada orang kebanyakan. Ada berbagai langkah penting yang harus diperhatikan saat menyeduh kopi.

Dalam tahap ini, aspek-aspek kecil yang tampak sepele, seperti teknik penyeduhan, bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas minuman kopi yang dihasilkan. Hal ini diungkapkan Arie Nugroho, Coach Barista PT Langgeng Makmur Kencana (LMK).

“Saat ini banyak sekali cara membuat kopi, salah satunya adalah cara membuat kopi yang sederhana, namun ada rahasia membuat kopi sendiri yang sering terabaikan, yaitu menunggu hingga kopinya matang selama sekitar 4 menit sebelum dinikmati,“ ucapnya seperti dilansir Okezone dari Antara.

Pelatih kopi yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia kopi Indonesia ini menyarankan agar menunggu sekitar 4 menit sebelum menikmati kopi yang baru diseduh. Proses ini penting untuk memberikan kesempatan bagi rasa dan aroma kopi berkembang dengan optimal.

Ketika menyeduh kopi, suhu yang terlalu tinggi bisa membuat rasa pahit menjadi dominan dan mengganggu keseimbangan rasa. Dengan memberi waktu sejenak, biji kopi akan mengendap, memungkinkan rasa yang lebih lembut dan beragam untuk muncul.

Selain itu, suhu kopi juga sedikit berkurang, sehingga para penggemar kopi bisa menikmati kehangatannya tanpa khawatir lidah terbakar. Dengan menunggu beberapa menit sebelum menyeruput kopi yang baru diseduh, Anda tidak hanya meningkatkan pengalaman mencicipi, tetapi juga dapat merasakan semua nuansa rasa yang ditawarkan.

“Kopi membutuhkan waktu untuk diekstraksi atau dimasak, jadi biasanya saat meminum kopi sebaiknya menunggu sekitar 4 menit agar air panas benar-benar mengeluarkan kopinya, hal ini membuat rasa kopi lebih kaya dan aromatik," tuturnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut