get app
inews
Aa Read Next : Program JKN Tanggung Penuh Biaya Pengobatan GERD Fitri Agustina

Mahasiswa Unsoed Purwokerto Antusias Tingkatkan Literasi Program JKN

Rabu, 23 Oktober 2024 | 14:11 WIB
header img
Mahasiswa Unsoed Purwokerto Antusias Tingkatkan Literasi Program JKN. Foto: Istimewa

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Literasi kesehatan mengenai pentingnya memiliki asuransi kesehatan yang berkualitas perlu untuk terus ditanamkan ke berbagai kalangan, termasuk juga pada generasi muda. 

Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto menggandeng Universitas Jenderal Soedirman untuk menggelar kegiatan perkuliahan khusus mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Ruang Kelas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman. Pada kegiatan ini terlihat antusiasme mahasiswa dan dosen sangat besar.

“Edukasi Program JKN itu sangat krusial. Melalui sosialisasi yang intensif, kita bisa menjembatani kesenjangan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki perlindungan kesehatan. Ketika masyarakat sadar akan manfaat Program JKN, mereka akan lebih proaktif untuk mendaftar dan memanfaatkan fasilitas yang ada,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Niken Sawitri.

Ia menambahkan Manfaat Program JKN telah dirasakan oleh banyak pihak. Hingga 1 Oktober 2024, kepesertaan JKN di Kabupaten Banyumas telah mencapai 98,20% dari total penduduk atau sebanyak 1.831.061 jiwa. Program ini tidak hanya meringankan beban biaya kesehatan masyarakat, tetapi juga meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.

“Kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Oleh karena itu, memiliki jaminan kesehatan penting sebagai perlindungan atas risiko keuangan yang timbul dari biaya pelayanan kesehatan yang kita butuhkan sewaktu-waktu,” kata Niken.

Menurutnya informasi yang memadai akan membantu masyarakat memahami manfaat, hak, dan kewajiban sebagai peserta JKN sehingga dapat memanfaatkan Program JKN secara optimal. Harapannya agar mahasiswa yang telah mendapatkan pemahaman terkait Program JKN ini dapat turut membagikannya kepada masyarakat.

Ketua Program Studi S-1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman, Agung Prabowo memberikan dukungan penuh atas kegiatan pengenalan Program JKN dari BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut