PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Para pengguna moda transportasi kereta api yang membawa barang bawaan biasanya membutuhkan jasa petugas porter atau pramuantar untuk membantu mengangkut barang.
Petugas porter, yang umumnya berseragam khas, berjaga di area stasiun, dan layanan mereka bisa dipesan langsung oleh penumpang. Tarif jasa porter bersifat sukarela, disepakati antara porter dan penumpang.
Namun, untuk meningkatkan pelayanan sekaligus menghadirkan inovasi di era digital, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya, KAI Wisata, memperkenalkan aplikasi e-Porter guna mempermudah pemesanan jasa porter.
“Aplikasi ini menjadi solusi praktis bagi penumpang, yang cukup memesan dan membayar layanan porter seharga Rp38.000 untuk setiap penggunaan langsung melalui ponsel,” jelas Feni Novida Saragih, Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Jumat (25/10/2024).
Baru-baru ini, pada Kamis (24/10/2024), KAI Wisata bekerja sama dengan Daop 5 Purwokerto mengadakan sosialisasi kepada petugas porter di Stasiun Purwokerto.
Aplikasi e-Porter kini dikembangkan agar dapat digunakan di Stasiun Purwokerto, di mana terdapat sekitar 50 porter yang melayani penumpang kereta api untuk mengangkut barang menuju atau dari kereta.
Editor : EldeJoyosemito