get app
inews
Aa Read Next : Cantiknya Salsabila Atmaja, Gadis Asal Cilacap yang Berprestasi di Miss Grand Tourism Indonesia 2024

Tiga Pengunjung Wisata di Purbalingga Positif Covid-19

Minggu, 16 Mei 2021 | 18:24 WIB
header img
Tes rapid antigen di tempat wisata di Purbalingga. (Foto Dok Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id- Sebanyak tiga pengunjung wisata di Purbalingga positif Covid-19 setelah dilakukan tes rapid antigen. Tiga orang yang positif merupakan wisatawan salah satu obyek wisata Purbalingga.

Pada Minggu (16/5/2021) Pemkab Purbalingga telah melangsungkan tes rapid antigen kepada para wisatawan secara acak di beberapa tempat wisata. Tes rapid antigen dilaksanakan secara acak. Di Purbasari ada 21 yang dites, semua negatif. Sedangkan di Owabong, dari 25 yang tes, semuanya negatif. Kemudian di Golaga, Karangreja, ada 20 yang dites, seluruhnya negatif. Sementara di D’Las Serang, dari 30 pengunjung, tiga di antaranya positif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan bahwa tiga pengunjung yang positif tersebut, dua di antaranya merupakan penduduk di luar Purbalingga. Sedangkan satu wisatawan berasal dari Bukateja. “Untuk yang luar Purbalingga, kami memberikan surat keterangan agar ditangani oleh puskemas di mana mereka berasal. Sedangkan yang Purbalingga, akan ditangani puskesmas terdekat,”katanya.

Dijelaskan oleh Hanung, pemkab memang sengaja melakukan tes rapid antigen untuk mengetahui kondisi para pengunjung ke obyek wisata di Purbalingga. Langkah ini sebagai bagian dari upaya untuk menekan kasus Covid-19 di Purbalingga.

Bahkan, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) turun ke sejumlah obyek wisata untuk melakukan pemantauan protokol kesehatan (prokes). Dari pemantauan yang dilakukan, prokes telah dilaksanakan secara baik oleh pengelola wisata yang besar. “Para petugas juga melaksanakan pengawasan terhadap para pengunjung yang datang,”tambahnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut