get app
inews
Aa Read Next : Link Streaming Timnas Indonesia Vs Vietnam, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Bakal Main?

Perairan Laut China Selatan Ditutup Setelah Pesawat Militer China Jatuh saat Latihan Perang

Kamis, 10 Maret 2022 | 16:00 WIB
header img
Pesawat militer China dilaporkan jatuh saat latihan perang di Laut China Selatan (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - China menutup sebagian perairan Laut China Selatan (LCS) untuk mencari pesawat militer yang jatuh dekat dengan wilayah Vietnam. Hal tersebut diungkapkan intelijen Taiwan yang menyebut pesawat itu jatuh dalam latihan perang rutin di kawasan sengketa tersebut.

Pada Jumat pekan lalu, China mengumumkan latihan perang selama lebih dari sepekan di LCS, tepatnya antara Provinsi Hainan dan wilayah Vietnam. Militer China memperingatkan agar kapal-kapal komersial internasional menjauhi lokasi itu.

Biro Keamanan Nasional yang menjalankan fungsi intelijen di Taiwan menyatakan kepada parlemen, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/3/2022), satu pesawat China jatuh. Kawasan itu kemudian dinyatakan sebagai daerah terlarang untuk aktivitas pencarian sambil melanjutkan latihan.

Disebutkan China sedang menguji pesaing lain yakni Vietnam serta tentunya Amerika Serikat saat perhatian global tertuju pada perang Rusia dan Ukraina.

Direktur badan intelijen itu Chen Ming Tong mengatakan, dia tidak bisa membeberkan penjelasan rinci mengenai kejadian tersebut dengan alasan sensitivitas.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut