get app
inews
Aa Read Next : KH Miftachul Akhyar Ditelepon Orang Mengaku dari BIN Desak Muktamar NU Diundur

BIN Ingatkan Indonesia Butuh Medical Intelligence yang Andal Secepatnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:55 WIB
header img
Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan. FOTO/DOK.MPI/ARIF JULIANTO

JAKARTA,iNews.id - BIN atau Badan Intelijen Negara menilai Indonesia harus secepatnyamemiliki medical intelligence yang andal. Hal ini untuk kesiapan menghadapi ancaman di masa mendatang.

"Seiring dengan kegiatan penanganan pandemi saat ini, BIN terus mengembangkan kapasitas dan kapabilitas medical intelligence," kata Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Dorongan itu, ia sampaikan mengingat pengurangan pembatasan sosial bukan berarti pandemi segera usai. Sebab, akan selalu ada kemungkinan Covid-19 atau varian turunannya kembali merebak.

"Karena itu, sudah saatnya Indonesia memiliki medical intelligence yang tangguh," kata Budi Gunawan.

Ia menjelaskan objek surveilansnya juga tidak hanya virus, tapi mencakup banyak elemen dari ancaman nuklir, biologi dan kimia.

Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, BIN harus berada di lini terdepan dalam menjaga keamanan nasional.

"Berdasarkan data dan fakta terkini, serta foresight medical intelligence dalam rentang tahun atau dekade ke depan, kita tahu emerging virus akan terus muncul," ujar dia.

Selain harus siap dan waspada, Indonesia dituntut memiliki level kemandirian yang memadai guna mampu menanggulangi berbagai ancaman biologis maupun kimia, ujarnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut