PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan apresiasi kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan dengan memilih kereta api sebagai moda transportasi utama. Kepercayaan ini tercermin dalam tren positif kinerja angkutan penumpang yang terus meningkat setiap tahun.
Sepanjang tahun 2024, KAI Daop 5 Purwokerto mencatat sebanyak 3.995.848 penumpang telah diberangkatkan. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 607.961 penumpang atau naik 18% dibandingkan tahun 2023 yang mencatat 3.387.887 penumpang.
Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, pada Senin (13/1/2025) menyatakan bahwa berbagai faktor mendukung peningkatan ini. “Komitmen kami terhadap keselamatan, keamanan, kenyamanan, pelayanan, serta waktu perjalanan yang dapat diprediksi menjadi alasan utama kereta api terus menjadi pilihan masyarakat,” jelas Feni.
Feni juga mengungkapkan bahwa kereta api dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 5 Purwokerto sangat diminati masyarakat. Tingkat okupansi beberapa kereta api menunjukkan persentase yang tinggi. Berikut adalah Top 3 Kereta Api dengan okupansi tertinggi sepanjang tahun 2024:
KA Kamandaka (KA 174): Volume 181.234 penumpang (99% dari total tempat duduk 183.642).
KA Serayu (KA 255): Volume 194.076 penumpang (83% dari total tempat duduk 232.776).
KA Sawunggalih (KA 147): Volume 178.018 penumpang (80% dari total tempat duduk 221.737).
Selain itu, Top 3 stasiun keberangkatan dengan jumlah penumpang naik terbanyak adalah:
Stasiun Purwokerto: 1.493.129 penumpang.
Stasiun Kutoarjo: 536.701 penumpang.
Stasiun Kroya: 451.158 penumpang.
Sementara itu, Top 3 stasiun kedatangan dengan jumlah penumpang turun terbanyak adalah:
Stasiun Purwokerto: 1.511.695 penumpang.
Stasiun Kutoarjo: 569.341 penumpang.
Stasiun Kroya: 448.888 penumpang.
Untuk bulan-bulan dengan volume penumpang tertinggi, Top 3 bulan di tahun 2024 adalah:
April: 500.655 penumpang.
Desember: 373.492 penumpang.
Juli: 360.250 penumpang.
“Peningkatan ini tentunya diiringi dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas layanan pelanggan yang telah dilakukan dan akan terus dikembangkan. Hal ini menjadi bentuk komitmen KAI Daop 5 Purwokerto untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Feni.
Editor : EldeJoyosemito