PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id– PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto kembali mencatat kinerja positif dalam layanan angkutan penumpang pada Januari 2025.
Keberhasilan ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat yang semakin memilih kereta api sebagai moda transportasi utama untuk mendukung mobilitas sehari-hari.
Berdasarkan data yang dirilis, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari wilayah Daop 5 Purwokerto pada Januari 2025 mencapai 355.752 orang.
Angka ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 57.023 penumpang atau 19 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2024, yang hanya mencatat 298.729 penumpang.
Tidak hanya pada aspek keberangkatan, jumlah penumpang yang tiba di stasiun-stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto juga menunjukkan tren positif. Pada Januari 2025, tercatat 331.408 penumpang tiba di wilayah tersebut. Jumlah ini meningkat 64.403 penumpang atau 24 persen dibandingkan Januari 2024, yang mencatat 267.005 penumpang turun.
Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, mengungkapkan beberapa faktor yang mendorong kinerja positif ini.
“Moda transportasi kereta api menjadi pilihan utama masyarakat karena komitmen kami terhadap keselamatan dan ketepatan waktu. On Time Performance (OTP) keberangkatan kereta api penumpang di Daop 5 Purwokerto bahkan mencapai 100 persen,” jelas Feni pada Senin (3/2/2025).
Feni juga menyebutkan bahwa momentum libur panjang, seperti peringatan Isra Mi’raj dan Tahun Baru Imlek, turut berkontribusi pada peningkatan volume penumpang.
Selain itu, program promosi menarik seperti Promo Jangkrik Boss, yang menawarkan potongan tarif 10 persen untuk pemesanan rombongan hingga 10 Februari 2025, juga menjadi pendorong utama peningkatan jumlah penumpang.
Editor : EldeJoyosemito