Logo Network
Network

Tidak Ada Alasan, Tak Kuliah Karena Miskin

Tim iNews
.
Jum'at, 18 Maret 2022 | 09:11 WIB
Tidak Ada Alasan, Tak Kuliah Karena Miskin
Adhi Iman Sulaiman, saat memberikan motivasi kepada para siswa kelas XII SMAN 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara.

BANJARNEGARA, iNews.id- Sejak tahun 2021 lalu, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) banyak menggelontorkan beasiswa. Khususnya bagi lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), selain  beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa tidak mampu dari Kemendikbud Ristek, juga ada beasiswa dari berbagai lembaga. 

Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum tahu dan belum memanfaatkan berbagai fasilitas beasiswa itu. Sejatinya, melalui beasiswa itu, diharapkan tidak ada lagi alasan bagi masyarakat miskin untuk tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, karena tidak memiliki uang. 
    
"Di Unsoed, banyak mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang kuliah dapat beasiswa bidikmisi. Yakni kuliah gratis dan dapat uang saku per bulan Rp 800 ribu. Semoga peluang kesempatan ini bsia dimanfaatkan oleh lulusan SMA, termasuk lulusan SMAN 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara ini," ujar Toto Sugito, dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed saat memberikan "Training Motivasi bagi siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara Tahun Akademik 2021/2022 di Aula sekolah setempat, Kamis (17/3/2022) melalui rilis tertulis yang diterima iNews Purwokerto.

Kegiatan yang diikuti 350 siswa kelas XII itu, dibuka oleh Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok, Drs Amin Shodiq,  dalam rangka persiapan menghadapi ujian sekolah/study lanjut dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Kegiatan training motivasi ini sebagai kelanjutan dari kegiatan Riset Keilmuan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) beserta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Unsoed dengan Ketua Tim Riset Adhi Iman Sulaiman,  anggota  Toto Sugito dan Shinta Prastiyanti. Tim riset ini juga melibatkan sejumlah mahasiswa S-1 FISIP Unsoed, alumni Unsoed Niken Hapsari Arimurti dan Dhika Sulistyo. Kemudian Prasetiyo, mahasiswa MIK Unsoed.

Untuk menghindari kejenuhan, di sela-sela kegiatan diselingi ice breaking yang diwakili oleh Shelviana Mutiara Dewi, mahasiswi Ilmu Komunikasi Unsoed angkatan 2019. Kemudian di akhir kegiatan, panitia memberikan banyak doorprize, berupa buku karya dari Tim Riset Unsoed maupun makanan kecil kepada peserta yang aktif dan mampu menjawab pertanyaan kuis.  

Toto Sugito yang memaparkan materi "Optimalisasi Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul" menjelaskan, beasiswa Bidikmisi (Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi) adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek. Beasiswa ini  diperuntukkan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi dan prestasi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini