get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Pintu Surga Dibuka hingga Setan Dibelenggu, Ini Penjelasan Hadits Datangnya Bulan Ramadhan

Minggu, 27 Maret 2022 | 20:15 WIB
header img
Kedatangan Bulan Ramadhan selalu dinanti umat Islam seluruh dunia karena banyak keistimewaan di dalamnya seperti disebutkan dalam sejumlah hadits Nabi SAW. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Ramadhan mempunyai kemuliaan dan keistimewaan yang amat besar, yang tak bisa dijumpai pada bulan-bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dirindukan umat muslim se-dunia. 

Sejumlah hadis menjelaskan perihal keistimewaan bulan Ramadan. Di antaranya adalah dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Selain itu, juga dapat menjadi kesempatan untuk menebus dosa serta memperbanyak sedekah.

Bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.

Di dalamnya terdapat keutamaan- keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah kepada hambanya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya.

Tahun ini, sesuai kalender awal Puasa Bulan Ramadhan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Namun, keputusan awal 1 Ramadhan 1443 H/ 2022 masih harus menunggu sidang isbat yang akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat, 1 April 2022 mendatang. 

Melaksanakan puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi tiap Muslim. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut