get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raja Majapahit, Prabu Brawijaya V yang Jadi Mualaf

Bagaimana Cara Menolak Teman yang Jatuh Cinta Kepadamu, Sulitkah?

Selasa, 12 April 2022 | 04:28 WIB
header img
Ilustrasi jatuh cinta.(Foto:Ist)

SULITKAH menolak cinta seorang teman baik yang kadang bikin Anda nyaman sebagai sahabat, tidak lebih. Apalagi jika Anda tidak ingin mengakiti hatinya.

Sebagai teman baiknya, tentu Anda benar-benar peduli dengan orang tersebut dan tidak berani menolak cintanya dengan kasar.

Jika Anda memang tak memiliki perasaan cinta terhadapnya, ini dapat menyulitkan hubungan Anda berdua. Oleh karena itu, ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menolak teman yang jatuh cinta kepada Anda dengan cara yang lebih sopan dan halus.

1. Jangan menghindar

Anda mungkin ingin menghindarinya sampai perasaan mereka memudar, tetapi ini bisa menyakiti Anda berdua, terutama jika Anda adalah teman baik. Sebaliknya, cobalah berbicara tentang situasinya. Ini mungkin sedikit tidak nyaman, tetapi diskusi yang jujur dapat membantu Anda berdua bergerak maju.

Berhati-hatilah dalam cara Anda mengekspresikan kurangnya minat Anda kepada dirinya. Jujur, tapi dengan cara yang baik dan sopan. Sebutkan hal-hal yang Anda hargai tentang mereka sebelum menjelaskan mengapa Anda tidak memiliki rasa yang sama dengan dirinya.

2. Jangan memberi harapan

Hanya karena Anda sudah berteman lama dengannya, jangan sampai Anda membohongi diri Anda sendiri. Karena tak ingin membuat dia sedih, biasanya seseorang akan berpura-pura bersikap baik seakan tidak terjadi apa-apa.

Padahal, orang yang menyimpan rasa terhadap Anda dapat menyimpulkan bahwa kebaikan yang Anda lakukan adalah bentuk dari rasa cinta terhadapnya. Karenanya, jangan beri harapan palsu.

3. Beri dia ruang

Jika Anda sudah mengetahui perasaannya terhadap Anda, ini saatnya untuk memberi dia ruang. Ada baiknya Anda berdua tidak usah hangout untuk sementara waktu. Anda juga tidak boleh terlalu sering mengiriminya pesan.

Biarkan dia berpikir tentang perasaannya terhadap Anda. Ini juga berfungsi sebagai sinyal untuknya bahwa Anda tidak memiliki perasaan yang sama dengannya.

4. Perjelas penolakan Anda

Jika semua cara halus di atas tidak berhasil, ini saatnya membuatnya sadar bahwa Anda jelas tidak tertarik padanya. Anda mungkin tidak ingin menyakiti perasaan mereka, namun penolakan halus terkadang ambigu dan dapat mendorong mereka untuk terus mencoba.

Memperjelas bahwa Anda tidak memiliki rasa cinta padanya saat ini dapat membantu mencegah rasa sakit dan frustrasi di kemudian hari bagi Anda berdua. Berikut kata-kata yang dapat Anda gunakan.

"Kamu penting bagiku dan aku menghargai waktu yang kita habiskan bersama, tapi aku hanya melihatmu sebagai teman."

“Aku tidak tertarik padamu secara romantis, tapi aku ingin tetap berteman baik. Bagaimana kita bisa membuatnya berhasil?”

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut