get app
inews
Aa Read Next : Amerika Tak Lagi Pede, Sebut Israel Tidak akan Menang Perang dan Mampu Melenyapkan Hamas

Arab Saudi Desak Israel Bertanggung Jawab atas Kejahatan di Al-Aqsa

Rabu, 20 April 2022 | 16:57 WIB
header img
Arab Saudi mendesak komunitas internasional untuk menghentikan kejahatan Israel terhadap Masjid Al Aqsa (Foto: Reuters)

JEDDAH, iNews.id - Pasukan Israel dianggap menodai kesucian Masjid Al Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam itu. Arab Saudi mendesak masyarakat internasional untuk menghentikan kejahatan dan pelanggaran pasukan Israel dan meminta negeri Zionis untuk bertanggung jawab atas perbuatannya.

Dikutip dari kantor berita SPA, sidang kabinet Arab Saudi yang dipimpin Raja Salman bin Abdul Aziz di Istana As Salam, Jeddah, Selasa (19/4/2022) malam, menyebut tindakan Israel itu juga akan berdampak pada keberlangsungan pembicaraan damai di Timur Tengah.

Pembicaraan damai Israel-Palestina terhenti sejak serangan Zionis ke Jalur Gaza pada 2008. Upaya untuk menghidupkan kembali perdamaian selalu gagal. Pada 2018, Palestina menolak pembicaraan damai yang dimediasi oleh Amerika Serikat (AS) setelah pemerintahan saat itu, Donald Trump, mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pasukan keamanan Israel menyerang kompleks Al Aqsa yang di dalamnya juga terdapat Masjid Al Qibli dan Dome of the Rock (Kubah Batu), melukai sedikitnya 150 warga Palestina. Bentrokan terus berlangsung hingga beberapa hari kemudian, seiring dengan masuknya kelompok ekstrem Yahudi.

Lebih lanjut para menteri Saudi juga menegaskan dukungan terhadap solusi politik terhadap krisis Rusia dan Ukraina guna mencapai keamanan dan stabilitas.

Kerajaan juga menegaskan posisinya untuk hadir membantu orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia dengan memberikan bantuan medis dan tempat tinggal senilai 10 juta dolar AS untuk pengungsi Ukraina ke negara-negara tetangga. Bantuan itu diserahkan melalui PBB.
 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut