get app
inews
Aa Read Next : Inikah Daftar 50 Anggota DPRD Terpilih Banyumas?

Amankan Jalur Mudik Banyumas, 3 Tim Urai Siap Pecah Kemacetan di Selatan Jateng

Jum'at, 22 April 2022 | 22:00 WIB
header img
Sebanyak 639 personil akan mengamankan jalur Mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Banyumas.(Foto: Aryo Rizqi)

PURWOKERTO, iNews.id - Sebanyak 639 personel akan mengamankan jalur Mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Banyumas. Diantara para personel gabungan tersebut, terdapat tim urai dari Satlantas Polresta Banyumas yang siap memecah jika terjadi kemacetan di jalur mudik Selatan Jateng.

"Kami juga menyiapkan tiga tim urai yang kami tempatkan di Jalur Utara maupun Jalur Selatan dan Jalur Tengah. Tim urai ini dibutuhkan jika di jalur Selatan Jateng ada kemacetan," kata Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu kepada wartawan usai pemusnahan di GOR Satria Purwokerto, Jumat (22/4/2022).

Nantinya, setiap tim urai yang berjumlah tujuh motor ini akan memegang tanggung jawab setiap jalurnya. Sehingga diharapkan, titik titik potensi kemacetan dapat diatasi.

"Tm urai ini, satu timnya ada 7 motor. Jadi 21 personil tim urai. Kita akan mengurai kemacetan-kemacetan yang ada di tiga wilayah tersebut (jalur Tengah, Utara dan Selatan)," ucapnya.

Selama arus mudik lebaran, pihaknya juga telah memetakan titik titik kemacetan yang berpotensi terjadi. Maka dari itu, 12 pos pengaman didirikan di daerah rawan kemacetan dan juga merupakan pusat keramaian serta pusat perbelanjaan.

Sementara menurut Kabagops Polresta Banyumas, Kompol Ismanto Yuwono mengatakan jika 12 titik itu terdiri dari tiga pos pelayanan dan satu pos terpadu dan 8 pos pengamanan.

"Tiga pos pelayanan berada di stasiun, terminal dan tempat wisata Baturraden. Satu pos terpadu ditempatkan di alun-alun Purwokerto dan 8 pos PAM kita gelar dari Utara ke Selatan," ucapnya.

Sementara untuk potensi titik titik kemacetan saat menjelang lebaran, pihaknya juga mengantisipasi membludaknya pasar tumpah dan sepanjang jalur mudik.

"Titik titik kemacetan setelah lebaran tentu saja di tempat wisata. Tapi sebelumnya adalah di pasar pasar tumpah dan utamanya lanjur mudik yang nantinya menjadi titik tumpu semua kendaraan melalui jalur tersebut," jelasnya.
 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut