get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Puasa dan Olahraga Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh, Ini Kata Dokter

Sabtu, 23 April 2022 | 04:33 WIB
header img
Ada tiga hal utama yang harus kita perhatikan dalam melakukan aktivitas olahraga saat sedang berpuasa.. Foto/Pinterest

JAKARTA, iNews.id - Puasa Ramadhan sangat baik dan memiliki banyak manfaat jika dilihat dari sudut pandang kesehatan. Diantaranya dapat menjaga kadar gula darah, menurunkan resiko penyakit jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga menurunkan kadar hormon stress. Apalagi, ibadah puasa Ramadhan diwajibkan bagi umat Islam, lalu bagaimana jika puasa dan olahraga?

Agar puasa menjadi lebih manfaat lagi, Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati mengatakan perlu didukung dengan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengurangi stres selama berpuasa.

"Ada tiga hal utama yang harus kita perhatikan dalam melakukan aktivitas olahraga saat sedang berpuasa. Pertama, asupan makanan juga penting banget. Pastikan menu makanan tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh," terangnya saat bincang live di Instagram bersama Amazfit beberapa waktu lalu.

Kedua, waktu olahraga antara sore menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa, diharuskan menyesuaikan waktu ibadah. Serta hindari melakukan olahraga di siang hari.

Ketiga, jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah dengan intensitas rendah hingga sedang, seperti berjalan, joging atau yoga dengan durasi waktu kurang lebih 30-60 menit.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut