get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Kripik Daun Strawberry, Jadi Peluang Usaha Sajian Kuliner di Purbalingga

Meski Baunya Tak Sedap, Ini 4 Negara yang Cinta Mati dengan Petai dan Jengkol

Sabtu, 30 April 2022 | 00:31 WIB
header img
Jengkol balado jadi salah satu kuliner digemari orang Indonesia (Foto: Instagram/@dapurmbokwina)

PETAI dan JengkoL merupakan salah satu jenis makanan yang disukai masyarakat Indonesia, Meski memiliki bau yang tidak sedap, namun makanan ini menjadi primadona di beberapa negara. Bukan hanya Indonesia yang menyukai makanan memiliki cita rasa lezat ini, ada beberapa negara di dunia yang juga menyukainya

Setidaknya ada empat negara yang cinta mati dengan kelezatan jengkol dan petai. Di mana saja? Dihimpun dari berbagai sumber, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Malaysia

Negara yang cinta mati dengan jengkol dan petai pertama datang dari tetangga satu rumpun, Malaysia. Ternyata masyarakat Negeri Jiran sangat suka dengan jengkol dan petai yang biasa kita konsumsi loh. Layaknya di Indonesia, jengkol dan petai di sana juga dijual perkilo-an di pasar.

Hanya saja, masyarakat Malaysia biasa menyebut jengkol sebagai buah jering. Biasanya jering akan diolah hampir sama dengan semur jengkol di Indonesia, yakni menjadi sambal jering yang dimasak dengan cabai dan ditambah dengan semacam ikan teri.

Sementara petai di Malaysia biasa dicampur dengan udang, ikan tenggiri, sotong, hingga nasi lemak. Tentu saja saat disantap dengan nasi hangat akan menjadi lebih sedap. Nyam!

2. Singapura

Negara yang cinta mati dengan jengkol dan petai sekanjutnya adalah Singapura. Ya, sudah jelas sekali dari mana mereka mendapatkan banyak suplai jengkol dan petai kalau tidak dari Indonesia, tepatnya Sumatera Utara.

Di Singapura, petai banyak hadir di restoran peranakan. Selain daging dan udang, Singapura juga mencampur petai dengan cumi, nasi goreng, dan ikan teri. Wah, ternyata kenikmatan jengkol dan petai ini sudah mendunia, ya!

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut