get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cuaca Saat Terjadi Gerhana Bulan? Ini Prediksinya

Rabu, 26 Mei 2021 | 10:02 WIB
header img
Gerhana Bulan Total di Indonesia. (Foto: BMKG)

PURWOKERTO, iNews.id- Fenomena alam gerhana bulan total akan berlangsung pada Rabu (26/5/2021) malam nanti. Bagaimana dengan cuaca di wilayah Jateng selatan yang meliputi Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen? Apakah dapat melihat gerhana bulan yang disebut sebagai super blood moon

Berdasarkan keterangan tertulis Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang Rany Puspita sebagian besar wilayah Jateng cerah berawan pada pagi hari. Kemudian di siang hari, sore hingga malam ada potensi hujan ringan hingga sedang. Tetapi tidak merata di seluruh wilayah Jateng.

“Untuk wilayah Cilacap, Purwokerto, Purbalingga dan Banjarnegara, maka ada potensi hujan ringan. Sedangkan di Kebumen dan Purworejo berawan,”kata Rany.

Lalu bagaimana dengan kondisi malam hari, ketika gerhana bulan total akan terjadi? Kalau dilihat dari prakiraan yang dikeluarkan BMKG, maka berawan dan hujan ringan. Padahal, sebetulnya, gerhana bulan dapat dilihat dan dinikmati dari wilayah Jateng. Seandainya tidak hujan ringan dan berawan, tentu dapat dilihat dengan mata telanjang. Ditunggu saja nanti malam.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut