get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Peserta Antusias Ikuti RSOP Fun Run Sejauh 5 kilometer

8 Jenis Olahraga Bakar Kalori, Lakukan Secara Rutin Agar Tubuh Kembali Ideal Usai Lebaran

Selasa, 03 Mei 2022 | 10:38 WIB
header img
Salah satu olahraga yang membakar kalori usai lebaran. (Foto Ilustrasi/Training Peaks)

JAKARTA, iNews.id - Lebaran memang identik dengan kegiatan makan-makan yang umumnya tinggi lemak, bersantan dan mengandung kolesterol. 

Selain bermaaf-maafan, saat Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia umumnya menyantap makanan seperti opor ayam, gulai, rendang dan ditambah jajanan khas lebaran.

Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh usai lebaran, penting bagi setiap orang melakukan olahraga yang dapat membakar kalori. Pasalnya berat badan biasanya akan naik seketika usai lebaran. Belum lagi, selama satu bulan sebelumnya telah menjalani puasa Ramadan.

Maka tubuh pasti membutuhkan pembakaran yang maksimal saat hari raya Idul Fitri dan setelahnya. 

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah olahraga yang membakar kalori usai lebaran:

1. Jogging dan Lari

Olahraga yang satu ini terbilang sangat mudah dan murah dilakukan. Diyakini bahwa jogging selama 30 menit saja dapat membakar 500-900 kalori dalam tubuh. 

Jogging bisa dinaikkan intensitas kecepatannya menjadi lari. Olahraga ini sangat efektif mengembalikan kekuatan dan kelenturan otot-otot kaki yang lama istirahat setelah Ramadhan dan lebaran. Tak hanya penting untuk otot kaki, lari dengan teratur juga akan dapat membentuk bagian tubuh seperti perut, paha, dan betis. Itulah mengapa olahraga ini sangat cocok dilakukan setelah lebaran.

2. Bersepeda

Bersepeda mungkin telah menjadi salah satu kegiatan olahraga yang sangat familiar di masyarakat dan menjadi bagian dari gaya hidup. Pasalnya kegiatan ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengayuh dalam olahraga bersepeda dapat membantu mengencangkan otot di bagian paha dan betis yang lama tidak beraktivitas berat selama Ramadhan dan lebaran. Bersepeda juga dapat menjadi aktivitas yang efektif membakar kalori dan lemak jahat dalam tubuh. Oleh sebab itu, bersepeda menjadi salah satu olahraga untuk mengontrol berat badan tubuh setelah lebaran.

3. Lompat Tali / Skipping

Lompat tali adalah salah satu olahraga pembakar lemak dan kalori yang sangat dianjurkan. Pasalnya, olahraga ini efektif bisa melakukan pembakaran sampai 400 kalori hanya dalam 30 menit saja.

Jenis aktivitas intensitas tinggi ini juga bisa dilakukan di mana saja termasuk halaman rumah.

4. Senam

Jenis olahraga yang membakar kalori berikutnya adalah senam. Keunggulan olahraga aerobik ini salah satunya adalah bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini cukup efektif membakar lemak sekaligus menghilangkan stres karena termasuk aktivitas yang menyenangkan. Salah satu jenis senam yang populer di antaranya adalah Zumba.

5. Berenang

Naiknya berat badan secara signifikan sering menjadi masalah yang biasa terjadi saat momen lebaran. Untuk itu, berenang sangat efektif guna menurunkannya. Renang menjadi salah satu olahraga yang dapat membuat badan lebih berisi dan ideal, khususnya setelah puasa dan lebaran. 

Olahraga ini menuntut kerja otot tubuh secara keseluruhan. Semua anggota tubuh mulai dari tangan, kaki, leher, kepala, hingga pinggang dan perut akan dipaksa bergerak ketika berenang. Oleh karenanya, berenang juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut