JAKARTA, iNews.id - Pada musim liburan kali Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27 persen pada tanggal 29 April 2022. Hal itu berbanding dengan periode yang sama pada tahun lalu, dimana sekitar 97 persen diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G.
"Lebaran ini menjadi momentum kami untuk mempercepat proses integrasi jaringan dan kami senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran, meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, dalam pesan tertulisnya, Jumat (6/5/2022).
Dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, IOH berhasil mempertahankan performa jaringan yang baik dalam mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya selama masa libur Lebaran 2022.
Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi. Beberapa site MOCN (Multi Operator Core Network) juga memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan di dalam ruangan.
Menurut dia, Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13 persen di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini.
Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.
Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh IOH melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu.
Bahkan, pihaknya mencatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25 persen, media sosial naik 15 persen, messaging dan video call naik 43 persen, serta streaming video dan musik naik 19 persen dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.
Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam program THR (Tri Hujan Rejeki) yang ada di aplikasi bima+ dan program RAMAH (Ramadan Penuh Berkah) di aplikasi myIM3. Tercatat trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga naik sekitar 34% di sepanjang bulan Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini.
Hal tersebut mengindikasikan tren pemanfaatan kanal layanan digital yang semakin luas oleh pelanggan IOH dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasinya.
Beberapa aktivitas peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Tri dan IM3 menikmati pengalaman digital yang terbaik.
Peralatan & dasbor khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 29 persen dibandingkan masa Lebaran tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, lebih dari 87 persen tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam.
Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan.
"Pelanggan Tri dan IM3 pun sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa liburan Lebaran dalam beberapa hari ke depan," ujarnya.
Editor : Arbi Anugrah