get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Puluhan Sapi di Banjarnegara Diisolasi Setelah Terjangkit PMK

Senin, 16 Mei 2022 | 15:48 WIB
header img
Ternak sapi di Kabupaten Banjarnegara yang diisolasi setelah terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Foto: iNews/Elis Novit.

BANJARNEGARA, iNews.id – Puluhan ekor sapi di Kabupaten Banjarnegara diisolasi setelah terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Isolasi tersebut dilakukan untuk menghindari penularan kepada hewan ternak lain.

Setidaknya sebanyak 80 ekor sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku, sapi tersebut merupakan milik salah satu peternak asal Karangjambe, Kecamatan Wanadadi. Setelah melalui pengecekan petugas Dinas Peternakan dan pengujian sampel di laboratorium, sapi yang terkena PMK menjalani isolasi selama 14 hari.

Sebelumnya, sapi raksasa jenis simetal dan limosin mengalami gejala keluar lendir pada mulut. Mulut dan lidah melepuh serta kuku mengalami luka dan berdarah. Sapi didatangkan pemilik dari Jawa Timur satu pekan lalu. 

“Kini sapi dalam perawatan dan pemantauan dari tim dokter Dinas Peternakan Banjarnegara,” kata pemilik sapi, Rudin, Senin (16/5/2022). 

Penularan penyakit mulut dan kuku berlangsung cepat melalui udara, kotoran dan air liur, sehingga warga dilarang mendekat dan petugas serta peternak yang masuk kandang isolasi harus disemprot disinfektan. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut