get app
inews
Aa Read Next : Inilah Rumah Mewah Senilai Rp500 Juta Khusus untuk Domba di Banjarnegara

11 Daerah Terdingin di Indonesia, Ada Dieng dan Baturraden

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:03 WIB
header img
Dieng yang berada di perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. (Foto: Elde Joyosemito)

JAKARTA, iNews.id – Selama ini, orang-orang Banyumas yang ingin suasana dingin pasti main ke Baturraden. Mereka mengistilahkan dengan kata “ngadem”.

Tidak salah memang, mencari suasana yang dingin pergi ke Baturraden. Dan ternyata Baturraden merupakan salah satu dari 11 wilayah terdingin di Indonesia. 

Selain itu, tentu saja Dieng. Wilayah yang berada di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo tersebut juga mempunyai suhu yang dingin. 

Kondisi lingkungan atau alam yang masih terjaga juga berpengaruh terhadap suhu dingin suatu daerah. Semakin terjaga atau belum dijamah banyak orang, tentu daerah tersebut akan lebih sejuk dan dingin.  

Lalu mana saja, daerah-daerah yang termasuk wilayah yang dingin? Berikut rangkuman iNews.id yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Dieng, Jawa Tengah

Dieng merupakan kawasan di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian di atas 2.000 mdpl, menjadikan Dieng cukup dingin. Suhu di sana berkisar antara 12-20 derajat celcius di siang hari, dan pada malam hari turun berkisar 6-10 derajat celcius. Dan pada musim kemarau suhu di Dieng dapat turun hingga 0 derajat celcius.

2. Mulia, Papua 

Kota Mulia ini terletak di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua. KOta tersebut mempunyai suhu yang terbilang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, hawa dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celcius.  

3. Waghete, Papua 

Masih di Papua, Kota Waghete yang berada di Kabupaten Deiya juga menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. Hal itu karena suhu di kota ini pada siang hari biasa dapat mencapai 15 derajat celcius. Di malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat celcius.  

4. Mamasa, Sulawesi Barat 

Beralih ke Sulawesi Barat, ada kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celcius.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut