get app
inews
Aa Read Next : 700 Pemudik Asal Banyumas Raya Balik Rantau, Fasilitasi Bus Gratis dari Pemprov Jateng

Bandara JBS Purbalingga tak Jadi Operasi 22 April, Ada Apa?

Rabu, 21 April 2021 | 17:50 WIB
header img
Pesawat Citilink mendarat mulus di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga pada 1 April 2021 lalu. Sedianya bandara akan dibuka pada 22 April, namun ternyata mundur karena berbagai faktor. Foto : Elde Joyosemito

PURBALINGGA, iNews.id- Angan-angan warga Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya untuk dapat naik pesawat mulai 22 April dari Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Wirasaba harus tertunda. Sedianya pada Kamis (22/4/2021), operasional bandara dimulai, tetapi nyatanya belum terealisasi. Ada apa?

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memastikan bahwa operasional Bandara JBS Purbalingga belum akan terealisasi pada Kamis (22/4/2021) besok, karena ada beberapa faktor. Menurutnya, faktor yang pertama adalah belum rampungnya pembangunan terminal penumpang di bandara setempat. “Kegiatan pembangunan terminal memang belum selesai, karena soal cuaca. Sehingga peresmian bandara agak bergeser. Kemungkinan setelah Lebaran,”kata Bupati kepada wartawan pada Rabu (21/4/2021).

Selain itu, lanjut Bupati, faktor lainnya adalah mengenai kebijakan larangan mudik. Dengan adanya kebijakan larangan mudik, maka berpengaruh terhadap operasional maskapai penerbangan. “Keduanya memang soal kebijakan larangan mudik, yang tentu berpengaruh terhadap operasional maskapai,”ujarnya.

Sedangkan yang ketiga, menurut Bupati, adalah adanya informasi mengenai kesediaan Bapak Presiden Joko Widodo untuk hadir ke Purbalingga. Tentu saja, hal ini nantinya terkait dengan jadwal. “Ketiga adalah kesediaan Pak Jokowi untuk hadir di Purbalingga. Tentu saja, hal ini harus menyesuaikan dengan jadwal Pak Presiden,”ungkap Bupati.

Ia mengakui, bahwa sampai sekarang sebetulnya pihaknya belum menerima secara resmi surat dari PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola bandara. Namun, kemungkinan operasional secara resmi setelah Lebaran. Di sisi lain, pembangunan terminal penumpang juga masih on progress, sehingga menunggu perampungan.

Seperti diketahui, pada Kamis (1/4/2021) lalu, dua pesawat yang terdiri dari Citilink dan pesawat militer TNI AU mendarat mulus di Bandara JBS Wirasaba, Purbalingga. Pesawat Citinlink yang mendarat adalah jenis ATR 72-600 dan pesawat TNI AU adalah CN-295. Pada waktu itu, sudah ada rencana mengenai operasional bandara dimulai pada 22 April 2021, tetapi ternyata tertunda.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut