get app
inews
Aa Read Next : Inilah 4 Sosok Prajurit TNI AU yang Gugur dalam Tragedi Jatuhnya Pesawat Super Tucano

Mengenal Kemampuan Tempur Kopasgat, Pasukan Elit TNI AU

Senin, 30 Mei 2022 | 09:35 WIB
header img
Prajurit Kopasgat

BANDUNG, iNews.id - Setiap matra TNI baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) mempunyai pasukan khusus.

Misalnya, TNI AD mempunyai pasukan khusus bernama Kopassus dan AL ada Marinir dan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) serta AU memiliki satuan elite Korps Pasukan Gerak Cepat atau Kopasgat

Khusus untuk Kopasgat, pasukan memiliki ciri baret jingga ini memiliki skill atau keahlian dan kemampuan tempur tidak main-main. 

Bagaimana kemampuan dan kehebatan Kopasgat? Begini liputan dari iNews.id. Kesan paling awal Kopasgat adalah berani, gagah, dan berwibawa.

Kopasgat TNI AU yang terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara (Pangau) Nomor 45 tahun 1966 tanggal 17 Mei 1966.  

Sejak terbit Peraturan Persiden Nomor 66 tahun 2019 dan Peraturan Penglima TNI Nomor 24 tahun 2021, Kopasgat yang bermarkas di Bandung kini berada di Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas). 

Sebagai pasukan khas matra udara, Kopasgat melaksanakan fungsi-fungsi utama, yaitu operasi pertempuran darat, pertahanan udara titik, bantuan tempur, pemberdayaan potensi dirgantara, dan operasi militer lain berdasarkan kebijakan komando atas dalam rangka tugas operasi militer perang dan tugas militer selain perang. 

Pada masa awal perjuangan, Kopasgat, tepatnya 17 Oktober 1947, pernah melaksanakan misi operasi lintas udara (linud) pertama. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut