get app
inews
Aa Read Next : Sikap China Tegas, Tak Mau Kutuk Serangan Iran ke Israel, Sebut Teheran hanya Membela Diri

China Kerahkan 30 Pesawat Tempur Militer Serbu Taiwan

Selasa, 31 Mei 2022 | 12:53 WIB
header img
Empat jenis jet tempur yang menjadi bagian dari 30 pesawat militer China yang menyerbu ADIZ Taiwan, Senin (30/5/2022). Foto/Kementerian Pertahanan Taiwan

TAIPEI, iNews.id - China membuat manuver militer dengan mengirim 30 pesawat militer, termasuk 22 jet tempur, China menyerbu zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada hari Senin. 

Taipei merespons serbuan gila-gilaan itu dengan melesatkan beberapa jet tempur. 

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan itu serbuan terbesar oleh Angkatan Udara China sejak Januari 2022. Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayah China, selama dua tahun terakhir ini telah mengeluhkan misi berulang-ulang oleh Angkatan Udara China, yang seringkali terjadi di bagian barat daya ADIZ Taiwan dekat dengan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taipei. 

Taiwan menyebut aktivitas militer China yang berulang di wilayah di dekatnya—yang dikenal sebagai "zona abu-abu"—dirancang untuk melemahkan kekuatan Taiwan dengan membuatnya berulang kali mengerahkan jet tempur dan juga untuk menguji respons Taiwan. 

"Misi China terbaru termasuk 22 pesawat tempur, serta pesawat peperangan elektronik, pesawat peringatan dini dan pesawat antikapal selam," kata Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip Reuters, Selasa (31/5/2022). 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut