get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Pasangan Mahasiswa Unsoed Terpilih Jadi Duta Genre Banyumas 2021

Sabtu, 29 Mei 2021 | 20:30 WIB
header img
Ruby Faozan Qomaruzzaman dan Aidha Nurul Aulia mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto terpilih menjadi Duta Genre Banyumas 2021. (Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas)

BANYUMAS, iNews.id - Ruby Faozan Qomaruzzaman dan Aidha Nurul Aulia mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto terpilih menjadi Duta Genre Banyumas 2021. Pemilihan yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas pada Sabtu (29/05/2021) di Gedung Kesenian Suteja Purwokerto.

Menurut Kepala DPPKBP3A Kabupaten Banyumas Suyanto mengatakan Pemilihan Duta Genre merupakan program ketahanan keluarga melalui remaja. Tantangan remaja kedepan menurutnya sangat berat. Namun dengan pembinaan program generasi berencana, diharapkan para duta dan forum GenRe dapat mensosialisasikan katakan tidak pada triad KRR. Tidak menikah di bawah umur, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mendekati narkoba.

Generasi muda harus disiapkan untuk menghadapi permasalahan remaja yang timbul, ini semua harus diantisipasi dan butuh perhatian seluruh pihak. Jika salah mengarahkan generasi muda, Indonesia akan berbahaya ketika menghadapi bonus demografi 2030 mendatang. Remaja harus sehat, cerdas dan bisa mengisi bonus demografi. Pemerintah tentu akan berupaya semaksimal mungkin. Namun peran orang tua sangat penting. Sehingga semua pihak tidak bisa tidak harus sukseskan program duta GenRe,” kata Suyanto.

Pada kegiatan Grand final ini, panitia hanya mengikutsertakan sebanyak 10 pasang yang mempunyai nilai terbaik dari hasil seleksi yang meliputi pemilihan berkas, wawancara dan penilaian bakat. Ozan dan Aidha menggantikan tugas Duta Genre Banyumas sebelumnya yaitu Nur Amalia dan M Daffa Duta Genre 2020.

Menurut Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Diah Pancasilaningrum mengatakan bahwa sebelum grand final Duta Genre ini telah melalui beberapa tahap seleksi. Namun karena situasi masih pandemi, untuk perserta yang mengikuti babak final hanya 10 peserta putra dan 10 peserta putri. 

“Program Duta GenRe merupakan program pembangunan keluarga sejahtera. Sehingga para Duta GenRe dapat menjadi figur di lingkungannya dalam mensosialisasikan program GenRe itu sendiri,” jelasnya.

Pada Grand Final ini peserta diuji pengetahuannya tentang aspek Program Bangga Kencana, aspek Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), aspek Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) dan Public Sepeking dan penampilan serta bahasa Inggris.

Setelah melalui beberapa tahap penilaian maka dewan juri menetapkan pemenang putra Juara 1 Ruby Faozan Qomaruzzaman Utusan dari Jenderal Soedirman Purwokerto, juara 2 Adam Mufarij utusan Purwokerto Baran, Juara 3 M. Ilham Saiful Hadi dari Universitas Muhammadyah Purwokerto.

Sedangkan pemenang Harapan 1 Faiz Habibie dari PIK R Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto, Harapan 2 Sidik Nur Rokhman dari Kecamatan Sumbang dan Haran 3 Heri Ali Rifa’i dari Universitas Muhammadyah Purwokerto.

Sementara pemenang putri Juara 1 Aidha Nurul Aulia dari Unsoed Purwokerto, juara 2 Timbang Apit Afifah dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, juara 3 Salsabiela Izzati dari Kecamatan Purwokerto Selatan, Harapan 1 Alifa Tiara Chandrakanthi dari Unsoed, Harapan 2 Resti Afriana Atikoh Zulfa utusan Kecamatan Kemranjen dan Harapan 3 diraih oleh Intan Cahya Fadila utusan PIK Skak Mat SMK Negeri 1 Purwokerto.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut