get app
inews
Aa Read Next : Kawasan Alun-alun Kebumen Bakal Dikenakan Parkir Saat Lebaran, Segini Tarifnya

KRI Dewaruci Resmi Berlayar Telusuri Jalur Rempah di Hari Lahir Pancasila

Rabu, 01 Juni 2022 | 19:07 WIB
header img
Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci memulai pelayarannya menyusuri titik-titik Jalur Rempah Nusantara,

SURABAYA, iNews.id - Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci memulai pelayarannya menyusuri titik-titik Jalur Rempah Nusantara, Rabu (1/6/2022). KRI Dewaruci membawa serta para peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 atau Laskar Rempah hingga 2 Juli 2022 mendatang.

Pelayaran menelusuri jalur rempah tersebut dilepas langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) dari Dermaga Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur.

"Hari ini, Ibu dan Bapak, kita menorehkan momen bersejarah. Keberangkatan KRI Dewaruci yang membawa Muhibah Budaya Jalur Rempah pada hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Jalur Rempah dan Pancasila adalah tonggak penting dalam perjalanan sejarah bangsa kita," kata Nadiem dalam keterangan yang diterima iNews Purwokerto.

KRI Dewaruci bersama Laskar Rempah nantinya akan berlayar menuju ke Makassar, dilanjutkan ke Baubau dan Buton, lalu ke Ternate dan Tidore, kemudian ke Banda Neira, selanjutnya ke Kupang, serta kembali ke Surabaya pada 2 Juli 2022 mendatang.


Menurut Nadiem, Jalur Rempah yang berpusat di Nusantara berperan penting dalam mendorong kemajuan peradaban global. 

"Selama lebih dari seribu tahun, jauh sebelum kedatangan Eropa, para pelaut, pedagang, dan cendekia, dari berbagai belahan dunia berinteraksi dan melahirkan keragaman budaya yang kemudian menjadi inti kekuatan bangsa kita," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut