get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Nguri-Uri Budaya Banyumasan, Rianto Tampilkan Tarian Bertajuk Peken Banyumas V

Rabu, 01 Juni 2022 | 20:08 WIB
header img
Koreografer sekaligus penari lengger lanang asal Banyumas, Rianto bersama 25 penari tampil apik membawakan tarian dengan lakon Kesatria Singadipa. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro)

PURWOKERTO, iNews.id - Koreografer sekaligus penari lengger lanang asal Banyumas, Rianto bersama 25 penari tampil apik membawakan tarian dengan lakon Kesatria Singadipa. Pertunjukan itu dibawakan di Ampiteater Taman Sari, komplek Pendapa Yudhanegara, Kota Lama Banyumas.

Pertunjukan itu dilakukan dalam rangka Peken Banyumas V pada hari Rabu 1 Juni 2022, pukul 16.00 WIB yang didukung oleh tim produksi Rumah Lengger, 15 orang pemusik yang dipimpin oleh Yudha Jati serta bintang tamu pelawak, Ciblek. Bahkan, Erna Husein, Bupati Banyumas, Achmad Husein ikut meramaikan acara tersebut dengan turut menari bersama. 

Pemilihan lakon Kesatria Singadipa dalam pertunjukan sendratari kali ini menurut Rianto sendiri karena ia ingin menggambarkan penjiwaan dan semangat dari sosok Singadipa saat melawan penjajah Belanda.

Uniknya, tidak hanya menampilkan seni tari tradisional, dalam pertunjukan itu turut menghadirkan akulturasi antara budaya Banyumas dan budaya Tionghoa berupa barong. Selain itu, tampak juga permainan rakyat seperti jonjang, kunclungan, gubrag lesung yang dibumbui dopokan Banyumasan.

Dalam pertunjukan kurang lebih selama 45 menit tersebut, tampak antuasias dari ratusan penonton yang memadati sekitar panggung. Meski dipersiapkan dalam waktu yang singkat, pertunjukan tersebut berjalan lancar dan mendapat banyak apresiasi.

"Bagus sekali, indah, bisa dinikmati," ujar Bupati Banyumas Achmad Husein usai pertunjukan tersebut. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut