get app
inews
Aa Read Next : Ketika Inacraft 2024 Perkenalkan Brand Fashion Lokal Banyumas Dejarumi ke Mata Dunia

UMP Hadirkan Rumah UMKM, Menkop Teten: Baru Pertama di Indonesia

Sabtu, 04 Juni 2022 | 16:32 WIB
header img
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang menghadirkan rumah UMKM bagi para pelaku usaha. (Foto: Arbi Anugrah/iNews Purwokerto)

PURWOKERTO, iNews.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Kabupaten Banyumas yang menghadirkan rumah UMKM bagi para pelaku usaha dan memfasilitasi pelaku usaha mulai dari hulu hingga hilir. Bahkan upaya perguruan tinggi seperti UMP ini diakuinya baru pertama kali di Indonesia.

"Ya baru UMP ini (kampus yang memproklamirkan sebagai rumah UMKM)," kata Teten sebelum memberikan pidato Milad UMP ke 57, Sabtu (4/6/2022).

Menurut Teten, pasca pandemi Covid-19 pihaknya ingin UMKM bukan sekedar recovery. Namun juga pihaknya ingin UMKM dapat bertransformasi dari informal ke formal, bertransformasi ke digital dan bertransformasi jadi wirausaha-wirausaha mapan naik kelas.

"Termasuk juga menyiapkan UMKM masa depan yang lebih punya produk yang lebih kompetitif, baik di pasar domestik maupun global termasuk juga model bisnisnya jadi makin inovatif," ujarnya.

Dia menjelaskan, upaya untuk menuju pada ekosistem tersebut telah disiapkan. Namun dalam pelaksanaannya, pihaknya butuh berkolaborasi dengan Universitas di Indonesia untuk mengembangkan riset di perguruan tinggi yang bisa dikomersialisasi dan direalisasi bersama UMKM.

"Seperti tadi dengan para mahasiswa kita ingin mengembangkan kerjasama dengan inkubator bisnis. Di UMP saya kira ekosistemnya sudah baik dan sudah terhubung ke pembiayaan, tinggal ini bagaimana kita eskalasi, baik yang di kampus maupun yang eksisting di luar untuk kita dorong," ujarnya.

Sementara menurut Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jebul Suroso mengatakan jika pada puncak peringatan Milad UMP yang ke 57, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga memberikan motivasi kepada 1.200 mahasiswa agar bisa menjadi enterpreneur.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut