get app
inews
Aa Read Next : Usai Dikalahkan Irak, Begini Respons Justin Hubner

Timnas Indonesia Era Presiden Soeharto, Sangar Namun Membanggakan

Minggu, 05 Juni 2022 | 20:11 WIB
header img
Timnas Indonesia di SEA Games 1987. (Foto: Istimewa)

     TIMNAS Indonesia di era Presiden Soeharto terbukti dapat menaikan pamor bangsa. Sebelumnya Timnas Indonesia pernah tampil dalam Piala Dunia FIFA, yakni pada 1938 saat bernama Hindia Belanda. Namun, Indonesia kalah dalam pertandingan pertama menghadapi Hungaria.

    Pada tingkat regional, Indonesia pernah tampil empat kali dalam ajang Piala Asia AFC. Namun, Indonesia belum pernah lolos dari babak grup. Pada tingkat Asia Tenggara, Indonesia telah tampil dalam berbagai edisi kejuaraan AFF.

    Melihat Sangarnya Timnas Indonesia di Era Presiden Soeharto

    Capain terbaik Indonesia di kejuaraan AFF adalah menjadi juara kedua dalam enam edisi. Tapi, pada zaman Presiden Soeharto, sepakbola juga banyak menorehkan sejarah yang cukup membanggakan di kancah internasional.

    Melihat sangarnya Timnas Indonesia di era Presiden Soeharto, terbukti dengan adanya Liga Sepakbola Utama atau lebih dikenal dengan singkatannya Galatama. Saat itu jadi ada dua kompetisi, galatama dan perserikatan.

    Anggota Galatama adalah perusahaan-perusahaan. Karena tidak dibiayai APBD, ajang ini murni memaksimalkan sisi komersial untuk menghidupi klub.

    Soeharto memberikan tantangan kepada Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) untuk membentuk tim yang kuat. Sebab, Indonesia banyak memiliki pemain yang memiliki potensi besar untuk Timnas Indonesia.

    Editor : Vitrianda Hilba Siregar

    Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut