get app
inews
Aa Read Next : Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia

Tak Perlu Bayar Mahal ke Candi Borobudur, Sederet Lokasi Ini Ada Tiruannya

Senin, 06 Juni 2022 | 14:11 WIB
header img
Candi Borobudur (Foto: doc. Sindonews)

PURWOKERTO, iNews.id - Baru-baru ini destinasi wisata andalan Jawa Tengah, Candi Borobudur membuat heboh publik lantaran tarif masuknya yang mengalami kenaikan harga signifikan.

Untuk turis domestik, harus membayar tiket senilai Rp 750 ribu per orang. Dan turis mancanegara seharga 100 dollar AS. Angka ini yang kemudian memicu perbincangan publik karena dianggap terlalu mahal. 

Namun, tak perlu khawatir, sejumlah lokasi ini memiliki replika atau miniatur Candi Borobudur. Tentunya, untuk masuk ke lokasi-lokasi ini tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Berikut iNews Purwokerto rangkum dari berbagai sumber : 

1. Brahma Vihara Arama, Bali


(Foto : Instagram @divix_)

Lokasi ini adalah tempat ibadah umat Buddha. Namun, meski tempat ibadah, lokasi ini terbuka secara umum untuk wisatawan yang ingin berkunjung. Vihara yang dibangun pada tahun 1970 ini, disebut-sebut sebagai vihara terbesar di Bali. 

Di bagian ujung lapangan terdapat miniatur Candi Borobudur sebagai ikon dari vihara Brahma Vihara Arama. Ya, sedikit banyak wihara ini dikenal karena adanya miniatur candi Borobudur ini. 

Bangunan di dalam candi ini kerap digunakan untuk bermeditasi dengan 4 patung Budha yang menghadap 4 penjuru mata angin sebagai pusat dari ruangan.

Editor : Arif Syaefudin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut