get app
inews
Aa Read Next : Didorong Maju dalam Pilgub, Ini Respons Kapolda 

Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia

Senin, 08 Mei 2023 | 18:56 WIB
header img
Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia. Foto: Dok iNews.id

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Candi di Jawa Tengah merupakan salah satu warisan peradaban Indonesia yang sudah ada sejak abad ke 8-9 pada masa dinasti Syailendra. Bukan hanya di Jawa Tengah, candi di Indonesia juga banyak tersebar di pulau Jawa dan Bali.

Candi merupakan bangunan kuno yang terbuat dari batu, diantaranya digunakan sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja, dan para pendeta Hindu-Buddha. Penamaan candi sendiri berasal dari kata cinandi yang artinya dikubur dalam Bahasa Kawi.

Candi paling terkenal adalah Borobudur, yang dianggap sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Candi di Jawa Tengah ini dibangun dari enam teras berbentuk bujur sangkar, yang di atasnya ada tiga pelataran melingkar. 


 

Dinding candi ini dihiasi 2.672 panel relief yang jumlahnya paling terlengkap dan terbanyak di dunia dan menggambarkan ajaran serta cerita Buddha, selain itu ada 504 arca Buddha. Pada stupa utama atau yang terbesar terletak di tengah, di kelilingi tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang.

Candi terkenal lainnya adalah Prambanan, di mana arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping yang didedikasikan untuk dewa Hindu Siwa. Candi ini terdiri dari beberapa candi kecil dengan Candi utama berdiri setinggi 47 meter dan menampilkan ukiran rumit yang menggambarkan pemandangan dari mitologi Hindu.

Beberapa ciri khas candi Hindu dan Buddha di Jawa Tengah, diantaranya candi di Jawa Tengah bagian utara umumnya merupakan candi Hindu, sedangkan candi di Jawa Tengah bagian selatan umumnya candi Buddha. Berikut candi di Jawa Tengah seperti dirangkum INewsPurwokerto.id dari berbagai sumber, Senin (8/5/2023).

Daftar Candi di Jawa Tengah

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang dibangun pada masa pemerintahan wangsa Syailendra atau sekitar tahun 800-an Masehi. Candi ini berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

2. Candi Mendut

Candi Mendut merupakan candi Buddha yang didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Candi ini berada di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

3. Candi Pawon

Candi Pawon adalah candi Buddha yang dibangun awal abad ke-9 oleh Wangsa Sailendra dan berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut