get app
inews
Aa Read Next : Maarten Paes Antusias Bela Timnas, Ini Prediksi Susunan Pemain Saat Indonesia Lawan Arab Saudi

Bagaimana Agar Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Asia 2023? Berikut Skenarionya

Selasa, 14 Juni 2022 | 08:16 WIB
header img
Indonesia Libas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

JAKARTA, iNews.id - Timnas Indonesia masih dapat lolos ke Piala Asia 2023. Ada dua skenario, yakni sebagai juara grup atau runner up terbaik. 

Khusus untuk Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, juara sementara grup ditempati Yordania dengan 6 angka (selisih gol +2). 

Sementara untuk kedua dan ketiga diisi Timnas Indonesia (selisih gol 0) dan Kuwait (selisih gol +2). Timnas Indonesia berhak menempati posisi yang lebih bagus karena unggul head-to-head atas Kuwait.

Sedangkan posisi paling bawah ditempati Timnas Nepal. Nepal belum memiliki poin sama sekali, karena kedua laga yang dilakoni tidak pernah menang. Sehingga Nepal sudah dapat dipastikan tidak lolos.

Pada duel pamungkas yang berlangsung Rabu dinihari nanti, Timnas Indonesia akan bertemu Nepal, sedangkan Kuwait bentrok Yordania.

Timnas Indonesia sendiri masih bisa lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur juara grup dan runner-up terbaik. Lantas, bagaimana caranya?

1. Jalur Juara Grup

Kalau Skuad Garuda menang atas Nepal dan Kuwait membungkam Yordania, maka poin Timnas Indonesia, Kuwait dan Yordania sama-sama enam angka. Lantas, siapa yang berhak memuncaki klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 andai kemungkinan ini terjadi?

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan membuat klasemen mini. AFC bakal menghitung hasil pertemuan Timnas Indonesia, Kuwait dan Yordania sebagai tolok ukur penentuan posisi di klasemen.

Dalam penghitungan ini, head-to-head menjadi tolok ukur utama. Andai head-to-head masih sama, selisih gol menjadi penilaiannya. Jika selisih gol masih sama juga, produktivitas atau jumlah gol yang dicetak sang tim menjadi tolok ukur selanjutnya.

Lantas, bagaimana caranya supaya Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sebagai juara Grup A? Kondisi itu terjadi kalau Timnas Indonesia menang berapa pun atas Nepal, dan di laga lain Kuwait menumbangkan Yordania 1-0.

Jika dihitung selisih gol saat Timnas Indonesia, Kuwait dan Yordania saling bertemu, hasilnya sama-sama nol. Namun, Timnas Indonesia dan Kuwait mencetak gol lebih banyak, yakni dua berbanding satu milik Yordania.

Dengan demikian, Indonesia berhak berada di puncak. Sebab, Timnas Indonesia menang head-to-head atas Kuwait, yang mana mereka menang 2-1 atas sang lawan.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta:

1. Indonesia 2-2 = 6 Poin

2. Kuwait 2-2 = 6 Poin

3. Yordania 1-1 = 6 Poin

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut