get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Unik! KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Pertandingan Catur di Kereta Promosikan KA Aglomerasi

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:30 WIB
header img
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, menggandeng master catur internasional selenggarakan pertandingan catur di dalam Kereta Api Kamandaka. (Foto: Elde Joyosemito/ iNews Purwokerto)

PURWOKERTO, iNews.id - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, menggandeng master catur internasional selenggarakan pertandingan catur di dalam Kereta Api Kamandaka relasi Purwokerto – Gumilir PP, Selasa (14/6/2022). Cara unik ini dilakukan sebagai bentuk promosi moda transportasi KA khususnya pada KA Kamandaka.

"Kami menyelenggarakan event catur ini sebagai wujud dukungan KAI dalam mendukung dunia olahraga khususnya cabang olah raga catur. Sedangkan pelaksanaan pertandingan yang diselenggarakan di dalam kereta yang sedang berjalan tentunya menjadi event yang unik dan menarik," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat.

Setidaknya empat orang master catur menunjukkan kemampuannya dalam ajang tersebut. Mereka adalah master catur yang telah berkecimpung dalam dunia olah raga catur hingga kancah internasional.

Mereka diantaranya adalah Heladyanda Mutiara Mamuntu (11) asal Banyumas, disamping sebagai Puteri Cilik Jawa Tengah 2022, ia juga meraih Peringkat 3 Catur Cepat U8-Malaysia Open dan Peringkat 2 Kejurprov Jawa Tengah 2019. Kemudian Alya Sekar Kinasih (21) asal Banyumas, seorang Women Fide Master serta mendapatkan Medali Perak PON Papua 2021. 

Adapula Akmalnaidi Akbar (21) asal DKI Jakarta, National Master dan Peringkat 1 SCUA Fide rates Chess Tournament 2022 serta Farid Firmansyah (28 Thn) asal Jawa Barat, Internasional Master, Juara 3 Fide Online World Corporate Chess Championship 2021 dan peraih 2 Medali Emas PON Papua 2021.

Selain pelaksanaan pertandingan catur, Daop 5 Purwokerto juga mensosialisasikan cara pembelian tiket menggunakan KAI Access dan pembayaran terbaru secara elektronik menggunakan KAI Pay. 

“Untuk diketahui bahwa sejak pandemi Covid-19 stasiun tidak lagi melayani pemesanan tiket, semua transaksi pembelian tiket sudah menggunakan KAI Access dan melalui mitra resmi penjualan tiket KAI yang lain,” imbuh Daniel. 

Sementara KAI Pay adalah alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. KAI Pay merupakan bagian dari transformasi digital untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan. 

“Diharapkan hadirnya KAI Pay ini dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat melakukan berbagai transaksi di aplikasi KAI Access,” jelas Daniel.

Daniel menambahkan, mengapa Stasiun Gumilir dipilih untuk rute perjalanan dalam event pertandingan catur ini adalah untuk menginformasikan kembali kepada masyarakat bahwa stasiun tersebut kembali melayani naik turun penumpang sejak resmi dilakukan reaktivasi pada 1 April 2022 lalu.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut