Begini Kehebatan dan Spesialisasi Tiga Grup Pasukan Elit Kopassus 

Sucipto
Prajurit Kopassus pernah menghadapi pasukan Gurkha asal Nepal saat konfrontasi dengan Malaysia (Ilustrasi, Foto: Penkopassus) 

JAKARTA, iNews.id – Salah satu komando pasukan elit yang tidak lagi disangsikan kehebatannya adalah Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Kopassus memang tidak ada di setiap provinsi di Indonesia. Hingga kini, hanya ada tiga grup saja di seluruh Indonesia.

Pasukan tersebut bakal melaksanakan misi khusus yang ditugaskan. Satuan elit itu mempunyai kemampuan khusus.  

Tiga grup Kopassus ditempatkan di tiga lokasi strategis. Yakni di Banten, Solo dan Jakarta.

Grup 1 bermarkas di Serang, Banten. Sementara Grup 2 bermarkas di Kartasura, Jawa Tengah serta Markas Grup 3 berada di Mako Cijantung, Jakarta Timur. 

Ternyata, masing-masing grup mempunyai spesialisasi sendiri-sendiri. Kemampuan tersebut adalah:

1.Grup 1 Kopassus/Para Komando 

Untuk Grup 1 dan Grup 2 Kopassus memiliki peran yang sama yakni Para Komando (Parako). Mereka bisa diterjunkan di wilayah mana saja. Bahkan, operasi lintas udara, hingga penyerbuan amfibi dari laut. 

Markas Grup 1 Kopassus awalnya berada di Cijantung, Jakarta Timur. Namun karena wilayah Cijantung diperkirakan bakal ramai dan padat sehingga menyulitkan Kopassus melakukan latihan dan penempatan pasukan akhirnya dipindah ke Serang, Banten.  

Daerah Serang yang masih kosong menjadi lokasi yang sangat ideal untuk penempatan prajurit. Wilayah setempat bukan tempat yang asing bagi prajurit Kopassus karena sudah menjadi tempat latihan penerjunan prajurit Kopassus.  

Dalam buku “Kopassus untuk Indonesia” menuliskan bahwa Markas Grup 1 Kopassus ini sangat strategis sebagai penjaga “Pintu Barat” Pulau Jawa.  

Lokasi markas ini tepatnya berada di sekitar kawasan industri petrokimia dan industri baja yang dibangun Rusia pada 1960-an yang dikenal dengan Krakatau Steel. Markas Grup 1 Kopassus ini dekat dengan Pelabuhan Merak.  

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network