LB Moerdani Minta Brimob Berintegrasi dengan TNI AD, Jenderal Berkumis Tebal Ini Tegas Menolak

VitrIanda Hilba Siregar
Mendiang mantan Panglima ABRI Jenderal LB Moerdani. foto: Dok

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Persahabatan antara Jenderal LB Moerdani dan Jenderal Pol Anton Soedjarwo adalah bukti nyata bahwa ikatan sesama pejuang tidak lekang oleh waktu.

Keduannya adalah alumni  Tentara Pelajar dan mempunyai Bintang Gerilya. Namun dalam perjalanan karier meski berbeda seragam, keduanya sama-sama memiliki darah juang yang mengalir deras.

Bahkan, ketika LB Moerdani atau Benny Moerdani mengusulkan agar Korps Brimob Polri bergabung dengan TNI AD, Sudjarwo dengan tegas menolaknya. Benny Moerdani menilai Korps Brimob mempunyai kesamaan dengan Infanteri TNI AD.

Mendiang Jenderal Pol Anton Soedjarwo. Foto: Dok

Namun, penolakan itu tidak membuat hubungan keduanya renggang. Sebaliknya, Moerdani justru semakin menghormati keputusan sahabat lamanya itu.

Jenderal Benny Moerdani adalah Panglima ABRI semasa era Orde Baru, yang sangat disegani kawan dan lawannya. Namun semenjak menjadi prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, ternyata sangat hormat kepada seorang perwira polisi yakni Jenderal Pol Anton Soedjarwo. Jenderal Pol Anton Soedjarwo menjadi Kapolri dari jalur Brimob. 

Anton Soedjarwo berkumis tebal dengan tubuh tinggi menjulang dan berbadan tegap, membuat laki-laki kelahiran Bandung, Jawa Barat ini, gampang dikenali banyak orang.  

Dalam buku, Resimen Pelopor, Peranan Pelajar Perang Kemerdekaan, diceritakan, Anton muda pernah angkat senjata sama seperti LB Moerdani, tergabung dalam Tentara Pelajar (TP), di daerah Kedu Selatan, Jawa Tengah. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network