Ajakan Peduli Sampah melalui Pendekatan Seni dan Budaya di Festival Runtah Baruwani

Arbi Anugrah
Festival ini membawa pesan moral dan ajakan pengolahan sampah melalui sebuah pendekatan seni dan budaya. Foto: istimewa

Selain Dinas Lingkungan Hidup Cilacap, acara ini juga didukung oleh Moms Go Green, Bank Sampah Mandiri Subur, Kelompok Waniwirang, Padepokan Gyan Laksita, UMKM dampingan dan para pegiat sampah di Kabupaten Cilacap.

Sementara menurut Dewi Hestyani, Manager Community Relations Solusi Bangun Indonesia yang juga Ketua Panitia Festival Runtah Baruwani mengatakan jika festival ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat dalam pengolahan sampah secara mandiri, maupun upaya mengurangi timbulan sampah yang di hasilkan dari aktivitas sehari-hari.

"Kami saat ini telah bermitra dengan masyarakat dalam pembentukan 12 bank sampah. Sampah juga bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga dan kami akan terus meningkatkan jumlah serta kualitas dari bank sampah. Ini upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat melalui pengelolaan sampah yang baik dan bermanfaat", tegas  

Pada akhir rangkaian acara, masyarakat dihibur dengan pagelaran Wayang Runtah Baruwani oleh Kelompok Waniwirang. Alur cerita yang disajikan dengan apik menampilkan tokoh Pendawa, Kurawa, serta Semar dan Punakawan.

Lakon membawa pesan-pesan tentang perubahan pola pikir masyarakat, dalam menyikapi permasalahan sampah dan solusi penanganannya sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan.

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network