Mengenal Pedang Damaskus Milik Muslim, Satu Pedang Tertajam Di Dunia

Wahyu Budi Santoso
Pedang Damaskus milik Salahuddin Al-Ayyubi

Pedang Damaskus kian masyhur saat sang panglima muslim, Salahuddin Al-Ayyubi menaklukan Yerusalem pada 2 Oktober 1187 M. Meskipun kehebatan pedang ini masih menjadi misteri. Hingga membuat sejumlah ahli metalurgi penasaran, komposisi apa saja yang digunakan sebagai bahan baja pedang Damaskus sehingga memiliki kekuatan luar biasa.

Bahkan, seorang sastrawan Eropa, Sir William Scott, menggambarkan kehebatan pedang Damaskus dalam novelnya. Ia mengisahkan, jika pedang tersebut sangat tajam sehingga sutera halus yang melayang dan jatuh di mata pedang tersebut terbelah menjadi dua bagian. 

Sejak saat itu, senjata yang digunakan dalam pertempuran oleh tentara Muslim banyak menggunakan baja Damaskus. Hal ini yang membuat cara pembuatan pedang Damaskus ini sangat dirahasiakan oleh pandai besi. 

Rahasia tersebut pun terkubur, bersama meredupnya penggunaan pedang seiring mulai banyaknya penggunaan senjata api. Namun, sejumlah pandai besi Eropa masih terus berusaha mencari komposisi yang tepat dalam membuat pedang baja sekuat pedang Damaskus.

 

Editor : Alfiatin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network