Anak Kolong Anak Tentara, Apakah Selamanya Nakal dan Liar

Tim Inews.id
ANAK kolong sebutan bagi anak-anak yang orangtuanya berasal dari TNI dan Polri.  Anak kolong terwadahi dalam FKPPI. (Foto: MPI)

Ia menambahkan, anaknya yang kedua pun, Edi Baskoro menjadi anggota FKPPI. Bahkan cucunya, hasil pernikahan Kapten (Inf) Agus Harimurti dengan Annisa Pohan, Almira Tunggadewi Yudhoyono, seharusnya menjadi anggota FKPPI karena orang tuanya seorang militer.

Mantan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ternyata juga anak kolong. Dalam suatu kesempatan di Aula Matjan Tutul, Markas Koarmada 1, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat pada Kamis (29/11), Hadi mengenang masa kecil sebagai anak tentara. Hadi sempat merasakan sempitnya hidup di rumah dinas prajurit TNI.

“Mulai kecil sejak bayi sebelum menjadi tentara tinggal di rumah dinas, sehingga ada sebutan anak kolong. Kenapa anak kolong? karena kamarnya cuma satu dan tempat tidurnya cuma dua.  Akhirnya anak nomor satu tidur di kasur dan anak momer dua tidur di kolong. Itulah asal muasal anak kolong,” kelakar Hadi.

Namun bagaimana sebenarnya kisah hingga muncul istilah anak kolong.

Anak kolong pada masa lalu jauh dari kesan kehidupan baik-baik bagi orang-orang moralis. Sebutan ini sudah ada sejak era Koninklijk Nederlandsche Indische Leger (KNIL) alias Tentara Kerajaan Hindia Belanda. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network