TNI AD Bangun 20 Pompa Hydrant dari Sungai Serayu, Aliri Sawah 3 Desa di Banyumas

Arbi Anugrah
TNI AD Bangun 20 Pompa Hydrant dari Sungai Serayu, Aliri Sawah 3 Desa di Banyumas. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - TNI Angkatan Darat menyelesaikan pembangunan pompa hydrant dari Sungai Serayu di Desa Tambaknegara, Sanggreman dan Desa Rawalo, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Pembangunan 20 pompa hydrant melalui Program TNI AD Manunggal Air ini untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala Desa Tambaknegara Sulam mengatakan jika dirinya beserta Kepala Desa Sanggreman dan Rawalo mengucapkan terimakasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak yang sudah membantu menyelesaikan persoalan air ditiga desa yang ada di Kecamatan Rawalo.

Menurutnya, lahan-lahan sawah yang ada di wilayah Rawalo, selama ini hanya menjadi sawah tadah hujan dan selalu terkendala air.

“Alhamdulillah kami kepala desa bersama warga 3 desa, yaitu Tambaknegara, Sanggreman dan Rawalo bisa menikmati air Sungai Serayu. Semula ibarat 'Panen Mata Pailan Gulu' karena Sungai Serayu yang berada persis disebelah desa kami, tidak bisa kami rasakan," kata Sulam, Rabu (04/09/2024). 

Ia mengatakan jika sejak dilakukan uji coba pada 1 Agustus lalu, air sudah bisa masuk ke desa-desa, bahkan areal persawahan sudah mulai teraliri air. "Apa yang dilakukan TNI AD ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain untuk ketahanan pangan, nantinya juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani,” jelasnya.

Melalui proyek ini, lanjut Sulam diperkirakan dapat mengairi sekitar 400 hektare lahan pertanian yang ada di tiga desa. Bahkan pembangunan pompa hydrant yang ada di Kecamatan Rawalo telah ditinjau langsung oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, dan Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo beberapa waktu lalu.

Termasuk juga Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi yang melakukan pengecekan pada Selasa (03/09) kemarin. Kunjungan tersebut guna memastikan pompa air tersebut dapat berjalan sesuai harapan dan dapat membantu kesulitan masyarakat akan ketersediaan air irigasi.

"Informasinya akan ada pembangunan lanjutan yang dapat mengairi 3 desa lain yaitu Desa Pesawahanan, Tipar dan Desa Sanggreman,” tambah Sulam.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network