9 Aktor yang Berperan Besar dalam Film G30S PKI, Ada DN Aidit hingga Soeharto

Tim iNews.id
Film G30S PKI mengisahkan peristiwa penghianatan G30S PKI mulai dari penculikan para jenderal, hingga pembunuhan yang terjadi pada 30 September 1965. (Foto: ilustrasi/ist).

2. Umar Kayam

Umar Kayam, lahir pada 1932 di Ngawi pada zaman penjajahan Belanda, adalah seorang penulis, budayawan, dan akademisi yang sempat didaulat sebagai Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Di film Pengkhianatan G30S PKI, Umar berperan sebagai sosok Soekarno yang dikisahkan sedang sakit dan menjelang ajal. Umar Kayam sendiri wafat pada 16 Maret 2002.

3. Amoroso Katamsi

Sebagai anggota TNI, Amoroso juga sempat menjajal dunia akting yang dimulai sejak 1976 dalam film Cinta Abadi. Lahir pada 1938, Amoroso adalah pemeran Soeharto dalam film G30S PKI yang membuat namanya melejit di dunia perfilman Indonesia. Dirinya bahkan diundang ke film Djakarta 1966 beberapa tahun kemudian, di mana dia kembali berperan disandingkan dengan Umar Kayam.

4. Sofia W.D.

Lahir dari keluarga pedagang, Sofia mulai menjajal dunia akting pada usia belasan tahun yang tak dinyana berhasil membawa namanya melejit dan sukses. Sejak mulai berkarir pada 1949, nama Sofia pun lekat dengan industri perfilman Indonesia dan hingga wafatnya sudah berhasil membintangi ratusan film Indonesia.

5. Wawan Wanisar

Wawan Wanisar adalah aktor Indonesia yang berperan sebagai Letnan Satu Pierre Tendean di film debutnya, Pengkhianatan G30S PKI. Lahir di Jakarta pada 1949, Wawan sempat membintangi banyak film seperti Naga Bonar, Cinta dan Noda, hingga Berhenti di Kamu yang baru rilis bulan Februari lalu.

6. Kies Slamet

Aktif sejak tahun 1970-an hingga 1990-an, Kies Slamet adalah aktor Indonesia yang awalnya dikenal dalam dunia teater dan pentas wayang orang. Pertama berkarier di film Api di Bukit Menoreh, Kies pada 1982 membintangi film G30S PKI sebagai Brigadir Jenderal Soepardjo.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network