Puncak Arus Mudik 19 April 2023, Pertamina Pastikan Pasokan BBM, LPG di Banyumas Raya Aman

Arbi Anugrah
Puncak Arus Mudik 19 April 2023, Pertamina Pastikan Pasokan BBM, LPG di Banyumas Raya Aman. Foto : Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memprediksi puncak arus mudik terjadi pada tanggal 19 April 2023. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 29 April 2023, sehingga SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis nantinya akan beroperasi selama 24 jam.

“Kami mengimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum berangkat dan agar mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan," kata kata Senior Supervisor Communication & Relations Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Marthia Mulia Asri, Rabu (12/4/2023).

Selain itu, untuk mengantisipasi arus mudik dan balik lebaran 2023 pihaknya juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 1444 H. Satgas yang dibentuk sejak 1 April hingga 2 Mei 2023 ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketersediaan pasokan BBM, LPG, dan Avtur di Kabupaten Banyumas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Selama periode Satgas Rafi 2023, tren konsumsi BBM wilayah Jawa Tengah khususnya Banyumas Raya diestimasikan mengalami peningkatan," jelasnya.

Dia mengatakan, BBM jenis Gasoline seperti Pertalite dan Pertamax Series di Kabupaten Banyumas diprediksi naik 23 persen bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2023 dari 1.391 Kilo Liter (KL) menjadi 1.714 KL.

Marthia menambahkan, untuk BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) mengalami penurunan 1 persen dari normalnya 538 KL menjadi 535 KL. Penurunan ini disebabkan pada saat periode Idul Fitri terjadi penurunan kegiatan industri. 

Sedangkan untuk LPG (PSO & Non-PSO), Pertamina telah menyiagakan penambahan stok hingga 3,5 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian atau setara dengan lebih dari 186.631 tabung dari rata-rata normalnya lebih dari 177.427 tabung. Di mana rata-rata harian normal adalah periode Januari – Februari 2023.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network