240 Pelajar Tampilkan Tarian Ebeg dalam Peringatan Hardiknas

Elde Joyosemito
Sebanyak 240 pelajar dari SMP Negeri 1 Lumbir, Banyumas, menggelartarian ebeg secara massal setelah upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional . (Foto: iNewsPurwokerto)

Bupati Banyumas, Achmad Husein, menyatakan bahwa saat ini tarian ebeg tidak selalu identik dengan mendem atau kesurupan. Ternyata ebeg juga dapat ditampilkan secara modern oleh para pelajar.

"Ternyata ebeg edukasi dapat digelar tanpa adanya mendem. Ini sangat baik untuk melestarikan kesenian khas Banyumas," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas Joko Wiyono mengatakan bahwa ebeg yang digelar tersebut merupakan ebeg edukasi.

“Sebab, ebeg edukasi merupakan bentuk kompilasi antara keterampilan dan seni. Jadi, ebeg yang digunakan anak-anak tersebut berasal dari barang bekas. Kemudian, mereka pakai itu untuk menampilkan tarian baladewa dan seni ebeg,”katanya.

Yang menarik, para pelajar yang tampil berasal dari sekolah pinggiran dan mereka ternyata mampu. “Para pelajar di wilayah pinggiran tersebut mampu menampilkan seni yang luar biasa,”tambahnya. 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network