Membeludak Karena Naik Hingga 300 persen, Begini Kesabaran Warga Urus KTP

Elde Joyosemito
Membeludak hingga naik 300 persen, membuat warga yang meminta layanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pecatanan Sipil (Disdukcapil) harus rela antre. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Membeludak hingga naik 300 persen, membuat warga yang meminta layanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pecatanan Sipil (Disdukcapil) harus rela antre.

Salah satunya Zainal Mustofa (47) dari Desa Kalibangkang, Kecamatan Ayah. Sebetulnya, dia telah tiba di Disdukcapil dari pukul 09.00 WIB dan hingga pukul 13.00 WIB dirinya belum juga selesai mengurus pembuatan e-KTP. Sebelumnya, e-KTP-nya hilang.

“Saya ke sini untuk urus KTP, kebetulan pas mudik, masih ada libur. Jadi sekalian. Karena pada 10 Mei mendatang mau balik lagi kerja di Malaysia,”katanya.

Dia memahami kalau harus menunggu lama untuk bisa memiliki KTP baru. Ia memilih menunggu sampai sore daripada harus pulang, dan kembali pada keesokan harinya. 

"Nggak apa-apa nunggu sampai selesai, dari pada pulang besok ke sini masih tetap antre, udah gitu jauh pula. Jadi sama aja, mending sekalian. Karena ini ramai banget, jadi maklum kalau harus menunggu lumayan lama,”kata dia.

Memang, setelah libur Lebaran masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil Kebumen masih sangat tinggi. Kenaikannya mencapai lebih dari 300 persen dari hari biasa. 

Kepala Dinas Dukcapil Kebumen Anna Ratnawati mengatakan sejak pelayanan dibuka pasca lebaran pada 24 April 2023 sampai saat ini jumlah masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependukan semakin banyak dari berbagai kecamatan. 

Editor : Elde Joyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network