Peringati Hari Pemadam Kebakaran Internasional, Kilang Cilacap Gelar Firefighting Show

Sekar Paring Gusti
Momentum International Firefighter’s Day 2023 di PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap dilengkapi kegiatan Firefighting Show pada Jumat (5/5/2023). (Foto: dok Kilang Pertamina Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – Momentum International Firefighter’s Day 2023 di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dilengkapi kegiatan firefighting show pada Jumat (5/5/2023). Acara berlangsung di Fire Ground Komplek Kilang Cilacap yang melibatkan pimpinan PT KPI RU IV, yakni General Manager (GM), Senior Manager Operation Manufacturing (SMOM), serta jajaran manajemen.

Mereka bersinergi dengan Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) RU IV Cilacap yang merupakan gabungan pekerja lintas fungsi dan pasukan pemadaman kebakaran Fire and Insurance HSSE PT KPI RU IV.

Dalam kesempatan ini, GM Edy Januari Utama serta rombongan manajemen mendatangi area dengan dikawal barisan mobil pemadam dan disambut yel-yel regu TBKD. Selanjutnya, satu persatu manajer melakukan simulasi pemadaman pada sumber api di parit menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Koordinator acara Setiyo Winarno menjelaskan, melalui simulasi ini diharapkan para peserta dapat memahami dan mengetahui prosedur serta tindakan yang tepat untuk memadamkan api.

“Sehingga, apabila terjadi kebakaran kecil mereka mampu dengan benar menggunakan APAR untuk mengatasinya,” katanya.

Berikutnya, dilakukan pelatihan pemadaman api dengan skenario keadaan darurat pada kompresor. Berkolaborasi dengan pasukan TBKD dan Fire Brigade PT KPI RU IV Cilacap, tim bahu membahu memadamkan kobaran api yang semakin membesar.

Pjs Manager HSSE PT KPI RU IV Cilacap Hartanto mengatakan, hal mendasar yang harus dipahami semua orang adalah bencana tidak dapat diduga kapan terjadi.

"Setiap upaya evakuasi bertujuan menyelamatkan jiwa, sehingga para petugas dan pimpinan harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk bertindak prosedural dan tidak panik menghadapi bencana," ujarnya.

Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk menggerakkan seluruh unsur pekerja agar memiliki tanggung jawab, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, memiliki sikap responsif dan waspada, serta sigap dan tanggap saat kondisi darurat.

GM Edy Januari Utama juga berharap, kejadian sebenarnya tidak akan pernah terjadi meski semua pihak harus selalu siap menghadapi situasi apapun.

“Firefighting show ini adalah kegiatan positif untuk mengevaluasi kesigapan Tim Firefighter’s beserta TBKD, termasuk mengevaluasi peralatan dan prosedur agar kita semakin sigap dan tangguh mengatasi kondisi darurat yang sebenarnya," ucapnya.

Firefighting show merupakan rangkaian peringatan International Firefighter’s Day 2023 yang diperingati PT KPI RU IV Cilacap. Sebelumnya, dilaksanakan upacara peringatan di lapangan komplek Head Office PT KPI RU IV Cilacap, Kamis (4/5/2023).

Editor : Rizqa Leony PutriMPI Marketing

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network